"AYO NYOBLOS..!!!", TNI - Polri Menjamin Keamanan Pelaksanaan Pilpres & Pileg 2019 Hingga ke TPS

Banner iklan disini

Bawang Merah Panen, Harga Mencekik

Sejumlah petani bawang saat melakukan panen di Desa Tangga Kecamatan Monta
Bima, PorosNTB.- Memasuki masa panen, bukannya para petani bahagia. Justru petani di so sera ati atau di bukit parewa yang berlokasi di Desa Tangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima menjerit. Pasalnya, harga bawang merah akhir-akhir ini terus mencekik petani.
Seperti yang dialami bule asal Desa Tangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Panen yang diharapkannya bisa memberi keuntungan, justru membuatnya para petani menanggung kerugian, karena harga bawang anjlok.
Saat ini harga bawang merah di desanya hanya dihargai rp 4.000 hingga Rp 5.000 per kg dan yang super biji terkisar rp 7.000 per kg, di tingkat petani. Sedangkan harga sebelumnya sekitar Rp 10.000 sampai rp 13.000 per kg. Namun saat panen, harga bawang justru anjlok separo harga.
Selama ini menjadi patokan harga bawang merah ditingkat petani. Saat harga di pasar tersebut anjlok, maka harga bawang merah milik petani yang ditawar oleh tengkulak juga akan rendah.”katanya.
Lanjut Bule, untuk memperoleh keuntungan, harga bawang merah di tingkat petani semestinya mencapai Rp 9.000 sampai Rp 15.000 ribu per kg. Sebab harga bibit saat ini sudah mencapai Rp 15.000 ribu per kg, belum ditambah biaya tanam serta pembelian pupuk dan obat-obatan yang semakin mahal.
“biaya perawatan sangat mahal, sehingga hasil panen kali ini kebanyakan petani merugi,”sesalnya.
Ditambahkannya, banyak petani memilih hasil panen kali ini disimpan dulu, sambil menunggu harga kembali naik. Dan jika memaksakan diri untuk menjual, maka dipastikan para petani ini akan menanggung kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Iya berharap, dalam kondisi seperti ini pemerintah segera turun tangan untuk menyerap bawang merah milik petani. Menurutnya, pemerintah harus membeli bawang merah milik petani sesuai ketetapan harga yang telah ditetapkan.(Poros-11)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.