Puskesmas Madapangga Sosialisasi Obat Tradisional


Bima, Poros NTB.Belum lama ini, Puskesmas Madapangga menggelar kegiatan sosialisasi tentang manfaat, kegunaan, dan pentingnya penggunaan Obat Tradisional Komplementer Hattra dan Battra kepada warga Desa Tonda.

Menurut
Mahfudin A.Md.Kep, penanggung jawab kegiatan, menjelaskan istilah Komplementer maksudnya perpaduan antara obat tradisional dengan obat konvensional, sedangkan Hattra adalah, kita bisa langsung menjadi penyehat atau bisa mengobati diri sendiri dengan obat tradisional tersebut, sementara Battra bermakna, seseorang yang pandai meramu obat dan yang melakukan pengobatan dengan berbagai jenis ramuan dan tanaman tradisional. Biasanya ramuan dibuat berasal dari bahan dasar tanaman flora dan fauna.

Iapun mengimbau warga agar tiap halaman rumahnya ditanami tanaman obat keluarga (toga), seperti Pala untuk insomnia, Mengkudu untuk asam urat, diabetes, dan hipertensi, Jahe untuk mempercepat metabolisme tubuh, memperbaiki sistem pencernaan, dan menjaga kolesterol dalam tubuh.

Kegiatan sosialisasi itu sendiri mendapat respon positif dari warga, terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir mengikuti sosialisasi.
Labels:

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.