Banner iklan disini Banner iklan disini

555 Mahasiswa STKIP Tamsis Siap Terjun ke Masyarakat



Bima, Poros.com-Sebanyak 555 mahasiswa memadati auditorium kampus 1 STKIP Taman Siswa Bima, Senin (16/7) kemarin. Mereka mengikuti pembekalan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) reguler angkatan 12 dan PPL KKN terpadu angkatan ketiga. 

Sejumlah mahasiswa PPL reguler dan PPL KKN terpadu dari berbagai jurusan itu akan dilepas bersamaan pada 23 Juli mendatang. PPL reguler akan dilepas di sekolah-sekolah mitra selama dua bulan. Sementara PPL KKN terpadu akan dilepas di desa-desa di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Dompu selama tiga bulan. 

Dalam pembekalan itu, pihak kampus mengundang beberapa narasumber dari berbagai instansi. Seperti Dandim, BPMDEs dan pendidikan. 

Yang pertama dari kalangan pendidikan yakni Ihwan MPd dengan menyampaikan materi tentang menjadi guru profesional, memperhatikan kualitas pembelajaran. Kemudian perwakilan Kodim Bima Kapten Kav Sukahar  menyampaikan  tentang wawasan kebangsaan. Sementara dari BPMDes diwakili Damhuji MPd dengan menguraikan bagaimana berhubungan dengan masyarakat desa. Khususnya dalam mendukung program yang ada di desa serta mengidentifikasi problem masyarakat. 

“Sebagai seorang yang akan mengabdi selama kurang lebih 3 bulan, tentu dalam prosesnya para mahasiswa haru menjunjung tinggi dan menjaga almamater," ujar Kabid Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Taman Siswa Bima, Arif Hidayat MPd. 

Dikatakan, pembekalan tersebut berlangsung selama dua hari dengan narasumber yang berbeda-beda. Tujuannya, agar mahasiswa yang dilepas bisa memahami tugas serta bisa menciptakan program yang bermanfaat bagi masyarakat.    

Arif menekankan agar peserta PPL harus menguasai kompetensi profesional mengajar yang ditunjang dengan kompetensi sosial melalui kemampuan menyesuaikan diri dengan baik di tempat praktek dan KKN. 

"Semoga pelaksanaan PPL dan KKN ini berjalan lancar tanpa halangan dan semua dalam keadaan sehat dan semangat," harapnya.

Sementara ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman MSi menyampaikan, 
 mahasiswa setempat dipersiapkan menjadi calon guru yang tegas dan profesional. Hal ini diawali dengan bekal ilmu yang dipelajari selama perkuliahan di kelas yang diperkuat dengan kompetensi sosial dan profesional.

"Kegiatan PPL reguler ini akan diselenggarakan selama 2 bulan penuh, dimulai tanggal 23 Juli sampai September 2018. Sementara PPL dan KKN terpadu akan dilaksanakan selama 3 bulan," tutupnya. (poros-07)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.