Debating Championship di Kopertis, Tim STKIP Tamsis Curi Perhatian



 
Bima, porosntb.com-Tim debat bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima tampil apik saat mengikuti seleksi national university debating championship (NUDC). Lomba antar perguruan tinggi lingkup Kopertis VIII tersebut berlangsung selama dua hari, di STIKES Bali, belum lama ini.
 
Perwakilan STKIP Tamsis berhasil mencuri perhatian tim penilai setelah memenangkan lima kali viktor poin (VP). Sekaligus merebut posisi pertama perwakilan tim dari perguruan tinggi di Bima-Dompu. Tim debat Ine Febriyanti dan Reinaldi Saputra juga memperoleh nilai speaker terbaik dari 48 perguruan tinggi yang mengikuti seleksi.
 
“Hanya saja nila VP tingkat Kopertis, kita berada pada urutan 33,” ungkap dosen pembimbing, Ramli MPd, kemarin.
Dikatakan, NUDC merupakan ajang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan argumentasi serta menunjukkan kemampuan skill mahasiswa dalam berpikir kritis dengan komunikasi lisan. Mahasiswa dituntut mampu menguasai pengetahuan terupdate, menganalisis, membuat penilaiain, dan meyakinkan masyarakat serta publik.
 
Disamping itu, pada seleksi bergengsi tersebut dirinya juga meraih predikat sebagai dosen pendamping terbaik dan terpilih menjadi N-1 selama dua tahun berturut-turut.
 
“Dosen pendamping juga ikut berkompetisi. Kita dites juga, dan Alhamdulillah dua tahun terakhir saya meraih N-1,” ujarnya.
 
Menurut dia, tim debat STKIP Tamsis merupakan orang-orang terbaik di kampus setelah melalui seleksi internal. Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan lebih dini para peserta debat.
 
“Di kampus, kita punya program EDC (English Debating Club). Setiap semester kita tarik mahasiswa untuk diasah kemampuan bahasa Inggris-nya,” terang Ramli.
 
Untuk mendukung hal itu, pihaknya sudah menyiapkan mata kuliah speaking dan English for tourisme. (Poros-07)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.