Banner iklan disini Banner iklan disini

1 Muharram, 2000 Santri dan Pelajar Ramaikan Pawai Obor


Bima, porosntb.com-Pemerintah Kabupaten Bima melalui Bagian Kesra berencana akan menggelar zikir dan doa bersama menyambut 1 Muharram 1440 Hijriah, Rabu (12/9) malam. Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Sape itu juga akan disemarakkan dengan pawai obor 2000 santri dan pelajar serta haflah Alquran. 

Zikir akbar ini, Bagian Kesra bekerja sama dengan Dikpora dan Pariwisata. Kegiatan akhir tahun Hijriah tersebut dimulai salat Ashar  berjamaah dengan santri di Kecamatan Lambu. Juga akan ada alim ulama yang diwakili lima orang per kecamatan. 

Setelah itu barulah zikir akbar, solawat dan doa akhir tahun dan salat magrib berjamaah. Pada malamnya setelah salat Isya, dilanjutkan pawai obor dari barat ke timur dan timur ke barat dan bertemu di lapangan Semangka Sape. 

"Kita akan tampilkan budaya Islam dalam bentuk hadrah secara massal. Syair hadrah berjudul berjanji akan dilaksanakan di masjid Al Munawarah Sape bersama kegiatan zikir dan doa," ungkap Kabag Kesra Setda Kabupaten Bima, Drs H Abdul Muis.

Pihaknya juga akan menghadirkan haflah 4 qori dan qoriah nasional dan internasional. Serta dirangkai dengan hiburan kesenian bernuansa Islam. 

"2000 santri dan pelajar akan ramaikan pawai obor dan haflah pada Rabu (12/9) nanti. Ini adalah bentuk mengejawantahkan visi Ramah yang bernuansa religius," tutur mantan Kadis Pariwisata ini. 

H Muis mengajak seluruh masyarakat Bima menghadiri dan mengikuti zikir akbar tersebut. 

"Bertepatan 1 Muharram, kami mengajak seluruh warga berbondong-bondong ke Lapangan Semangka. 1 Muharram merupakan sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Peringatan Tahun Baru Islam ini untuk syiar dan gaung Islam di Kabupaten Bima," pungkasnya.(poros-07)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.