Program PDS STKIP Tamsis Sukses Bawa Guru SDN 2 Tente Juara Lomba Inovasi

Dosen pendamping STKIP Taman Siswa Bima, Maryamah MPd (Kanan) dan guru SDN 2 Tente, Nurbaya SPd (Kiri)


Bima, porosntb.com-Program penempatan dosen di sekolah (PDS) di STKIP Taman Siswa Bima berjalan sangat baik. Program yang digagas Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini, mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi guru.

Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang ditorehkan guru di SDN 2 Tente Kecamatan Woha. Nurbaya SPd, sukses menjadi juara lomba inovasi tingkat Kabupaten Bima. 

"Lomba ini digelar Dewan Pendidikan. Nanti saya akan mewakili Kabupaten Bima di tingkat provinsi untuk ajang yang sama," ungkap Nurbaya SPd. 

Dijelaskan, metode penilaian dilakukan selama dua tahap. Pertama, seleksi masuk lima besar kemudian tahap kedua presentasi. 

"Begitu juga nanti di tingkat provinsi. Kalau seleksi tahap satu lolos 10 besar, kita akan kirim video inovasinya. Setelah itu dipresentasikan kembali di Mataram," beber guru berkacamata ini. 

Dia merasakan betul manfaat dari program PDS di kampus STKIP Taman Siswa Bima. Karena mampu mengembleng guru untuk terus menciptakan inovasi. 

"Kami mengapresiasi program PDS ini, karena memberikan banyak manfaat bagi para guru. Dan ini terbukti," tambah kepala SDN 2 Tente, Dra Syahraini.  

Torehan guru SDN tersebut memang tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan dosen PDS Maryamah MPd yang intens melakukan pertemuan dan observasi. 

"Untuk mendapatkan hasil ini, kita menggelar pertemuan sebanyak delapan kali. Selain itu pertemuan dua kali untuk observasi," ungkap dosen PDS, Maryamah MPd. 

Menurut dia, program PDS dapat membina para guru agar mengembangkan kerangka pembelajaran yang bermutu dan berdaya saing.

“Tugas melahirkan siswa berkualitas di sekolah bukan hanya menjadi tanggung jawab guru dan dinas pendidikan, melainkan juga menjadi tugas semua pihak termasuk perguruan tinggi yang membidanginya,” ujarnya. 

Ia mengatakan, dalam proses mengajar di kelas, dosen dan guru dapat berkolaborasi dalam memberikan ilmu pendidikan kepada siswa. Hasil dari kolaborasi tersebut mampu memberikan dampak positif bagi guru untuk mengembangkan kerangka pembelajaran.

“Tugas guru harus mampu melahirkan generasi yang berprestasi. Inilah pentingnya program PDS yakni untuk mengkolaborasikan ilmu yang dimiliki dosen terhadap guru,” tutupnya.(poros-07)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.