Capaian Bappenda Panda Mendongkrak PAD lewat Opgab

Ilustrasi
Bima, Poros NTB.- Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Panda sebagai penyelenggara Operasi Gabungan terhadap peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) patut diacungi jempol.

Opgab ini sendiri dijadwalkan digelar rutin 8 kali dalam sebulan setiap tahun. Memasuki bulan ke sepuluh ini kendaraan yang terjaring karena masalah pajak tidaklah sedikit.

Ditunjang bayar di tempat lewat sarana mobil keliling Samsat, memanjakan penunggak pajak untuk segera melunasinya untuk menghindari penilangan.

Disebutkan Kasi Penagihan dan Pembayaran Bappenda Panda, Gufran, hasil Opgab pekan pertama bulan ini saja yang digelar Rabu (10/10/18) kemarin, ada 31 unit kendaraan yang terjaring.

21 unit langsung bayar di tempat. Hasilnya Rp. 10.553.789. Sementara 10 unit masih menunggak dan ditahan STNK.

Jika ditotal pajak dari 31 unit kendaraan yang terjaring berjumlah Rp. 16.787.259

“Itu hari kemarin (Rabu), kalau untuk hari ini (Kamis) belum selesai kita rekap,” ungkap Gufran di kantornya, Kamis (11/10/18).

Jika reratanya Rp. 10 juta per Opgab maka asumsinya perolehan Bappenda Panda dari pajak kendaraan bisa mencapai 80 juta per bulan.

Untuk diketahui, Bappenda Panda menyetor perolehannya ke Provinsi yang nantinya provinsi akan mengembalikannya ke Kabupaten sesuai persentase bagi hasil.

Berdasarkan UU 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Untuk kendaraan pajak bermotor, 70 porsen untuk Provinsi dan 30 porsen untuk Kabupaten/Kota.

Menurut Gufran, kesadaran masyarakat dalam membayar pajak semakin tinggi. Ia berharap masyarakat semakin banyak lagi masyarakat yang sadar pajak.

Terkait Opgab yang dilakukan 8 kali dalam sebulan, Gufran merinci, 6 kali digelar hanya untuk merazia kendaraan dalam daerah, dan 2 kali digelar untuk kendaraan dalam daerah dan luar daerah.


“Untuk jadwalnya (Opgab) kita sesuaikan dengan jadwal Satlantas. Jadi kalau kebentur dengan momen penting kepolisian, kita ulur.” Terang Gufran. (Aden)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.