Pentas Amal, Pemuda KAE Bima Tunjukkan Solidaritas Untuk Palu

Aksi tarian kareku kandei oleh organisasi La Maci dan La Moci


Bima, porosntb.com-Kaulamuda yang tergabung dalam sejumlah organisasi di Wilayah KAE Bima ikut menunjukkan solidaritasnya terhadap musibah gempa dan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah. Sejumlah pemuda ini menggalang dana untuk para korban dengan menggelar pentas amal di monumen Pancasila di cabang Tente Kecamatan Woha, Minggu (14/10/18) malam. 
Para generasi muda yang tergabung dalam organisasi AMI, BEM STIS Al Ittihad, komunitas pecinta alam Woha dan organisasi pelestarian seni dan budaya Mbojo KAE ini menampilkan sejumlah kesenian daerah Bima. Mulai dari tarian, kareku kandei, akustik yang dipadupadankan dengan alat-alat musik tradisional. Aksi para pemuda pemudi KAE ini menyita perhatian masyarakat dan para pengguna jalan. 

Selain menampilkan kesenian daerah, para pemuda tersebut juga melakukan penggalangan dana di sekitar lokasi. Alhasil, sejumlah bantuan pun terkumpul untuk korban gempa dan tsunami 

Inisiator Iyek Faris menyampaikan, kegiatan tersebut bukan sekadar penggalangan dana. Tapi yang spesifik adalah bagaimana generasi muda mengenal kesenian dan budaya local.

“Kita hidupkan kembali seni dan budaya Mbojo melalui kegiatan ini. Kita memanfaatkan area publik untuk kegiatan positif anak muda,” ujarnya.

Babinsa Desa Tente ini berharap generasi muda KAE lainnya bisa mencontoh kegiatan tersebut. Menurut amggota TNI berpangkat Sersan Satu (Sertu) ini, tidak semua hiburan itu berjingkrak (joged). “Kita punya kearifan lokal dari leluhur. Mari kita perkenalkan ini kepada generasi muda,” ajaknya.

Ke depan, Iyek mengajak kaulamuda untuk menggunakan fasilitas public monument Pancasila cabang Tente untuk kegiatan positif. Khususnya dalam rangka pelestarian budaya Mbojo.
“Agar kita tidak kehilangan identitas. Untuk meminimalisasi konflik antar pemuda,” tandasnya. 

Bersama Babinkamtibmas Tente Bripka Herman, Iyek Faris menyampaikan  terimakasi kepada Polres Bima, Kodim dan Koramil Woha yang ikut menyupor kegiatan kemanusiaan tersebut. (poros-07)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.