--> Dari PPID Perangkat Daerah Hingga PPID Desa, Dianugerahi Penghargaan | Poros NTB

Dari PPID Perangkat Daerah Hingga PPID Desa, Dianugerahi Penghargaan

SHARE:

Dibaca Normal

Bima, Poros NTB.- Pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo dan statistik Kabupaten Bima menyerahkan penganugerahan pada PPID Organisasi Perangkat Daerah, PPID Kecamatan dan PPID Desa tingkat Kabupaten Bima.

Penyerahan tersebut dilangsungkan di aula kantor Bupati Bima, Senin (31/12). Hadir dalam kegiatan ini Kapolres Bima Kabupaten Bima AKBP. Bagoes Satrio Wibowo, S.IK, para Assisten, Kabag Lingkup Setda Bima, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima,  para camat dan  Desa.
Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Penilai Pemeringkatan yang telah melaksanakan sejumlah tahapan kegiatan sepanjang bulan November dan Desember, mulai dari pengiriman angket, visitasi sampai dengan penganugerahan yang dilaksanakan pada hari ini.
Pemeringkatan ini ditujukan sebagai wahana evaluasi pelayanan informasi publik, baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa.
Perlu saya sampaikan bahwa Kabupaten Bima merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi NTB yang melaksanakan pemeringkatan pelayanan PPID, selain yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB.
Terkait dengan kinerja pelayanan informasi publik, Alhamdulillah pada tahun 2018 ini PPID  Kabupaten Bima berhasil meraih “Peringkat II Kategori Badan Publik Terinformatif” setelah pada tahun sebelumnya tidak masuk dalam kategori.
Di satu sisi keberhasilan ini dapat diraih atas kerja keras dan dukungan penuh para kepala OPD dalam  tata kelola Informasi sesuai amanat undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Di sisi lain, anugerah dari Komisi Informasi Provinsi NTB tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih meningkatkan kinerja pelayananinformasi publik di masing-masing unit kerja.
Sebagai ujung tombak perumusan kebijakan pemerintah daerah danOrganisasi Perangkat Daerah (OPD), para pejabat PPID dituntut untuk memahami dengan baik tugas pokok dan fungsi, Program dan Kegiatan OPD serta hal-hal yang kiranya perlu disampaikanbaik kepada Pimpinan Daerah maupun  kepada publik.
Wabup berharap kinerja pelayanan Informasi publik di sebuah OPD dapat lebih ditingkatkan pada masa yang akan datang.
Menurut Kepala Dinas Kominfo dan Stik H. Abdul  Wahab Usman, SH, M.Si dalam pengantar, apa yang dilakukan ini sebagai salah satu upaya dalam rangka keterbukaan informasi public, sehingga dari kegiatan tersebut masyarakat akan mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh Dinas/Instansi.
Kegiatan  penilaian yang dilakukan ini melalui tahapan–tahapan yang dilakukan semenjak bulan September untuk memberikan pengarahan dan penilaian yang dilakukan di tiap – tiap OPD, Kecamatan dan Desa Se – Kabupaten Bima yang mengikuti kegiatan ini, dimana kami selaku tim penilai memberikan Format sehingga dari format yang kami berikan tersebut para PPID dapat mengisi terkait dengan kegiatan yang dilakukan kedalam Form tersebut, sehingga setelah mengisi kegiatan yang dilakukan oleh PPID, OPD, Kecamatan dan desa selanjutnya diserahkan ke kami dalam hal ini Dinas Kominfo dan Stik untuk memberikan penilaian.
Dari 32 OPD yang mengikuti kegiatan ini, ada beberapa OPD yang mengembalikan Format tersebut dan kami langsung memberikan penilaian terhadap OPD yang mengembalikan forma tersebut. Disamping itu kami juga melakukan kunjungan ke OPD, Kecamatan dan Desa untuk mengecek apa benar atau tidak data yang diberikan sesuai dengan data OPD tersebut.
Setelah kami melakukan penilaian dan kunjungan ke lapangan maka kami memutuskan bahwa  untuk Katagori PPID OPD Peringkat  1 diraih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, peringkat Ke – 2. Diraih oleh Dinas Pariwisata, peringkat 3 Diraih oleh Dinas Sosial, peringkat Ke–4 diraih oleh Dinas Perhubungan, peringkat Ke – 5 diraih oleh Dinas PMTSP, peringkat Ke – 6. Diraih oleh Dinas PUPR, peringkat Ke – 7 diraih oleh BPBD, peringkat Ke – 8 diraih oleh Dinas DP3AP2KB, peringkat Ke – 9 diraih oleh BKD dan Diklat serta peringkat Ke – 10 diraih oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip.
Untuk katagori PPID Kecamatan, peringkat 1, diraih oleh Kecamatan Langgudu, peringkat ke – 2 diraih oleh PPID  Kecamatan Palibelo, peringkat Ke – 3 diraih oleh PPID Kecamatan Bolo.
Sedangkan di tingkat PPID Desa , peringkat 1 diraih oleh PPID Desa Rupe Kecamatan Langgudu, peringkat 2 diraih oleh PPID desa Leu Kecamatan Bolo, serta peringkat 3 diraih oleh PPID desa Teke Kecamatan Palibelo.
Bagi yang mendapatkan predikat juara ini mendapatkan tropi, piagam penghargaan  dan uang pembinaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Bima. (PR)

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2678,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,226,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,715,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,306,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,796,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,398,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,21,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: Dari PPID Perangkat Daerah Hingga PPID Desa, Dianugerahi Penghargaan
Dari PPID Perangkat Daerah Hingga PPID Desa, Dianugerahi Penghargaan
https://dinamikambojo.files.wordpress.com/2018/12/6c1446dba50c74e15420a5d72ebc8993.0.jpg?w=1024&h=363&crop=1
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2018/12/dari-ppid-perangkat-daerah-hingga-ppid.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2018/12/dari-ppid-perangkat-daerah-hingga-ppid.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content