Banner iklan disini Banner iklan disini

Koramil 1608-04/Woha Gelar Diklat I Pramuka SWK SMA KAE Woha

 

Bima, Poros NTB.- Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 1608 - 04/Woha menggelar Diklat I bagi para anggotanya di SMA KAE Woha Bima, Minggu (23/12) kemarin.

Menurut pelatih Pramuka SWK, kegiatan pendidikan dan latihan uji terampil perorangan (I) kali ini dipusatkan di Desa Sambori Kecamatan Lambitu.

Kami sebagai pelatih memberikan materi dan ujian, agar setiap anggota dapat menyelesaikan serta mampu mengerjakan dan melaksanakan tugasnya dengan baik.” Ujar anggota Koramil Woha yang dikenal getol berupaya membentuk karakter generasi muda ini.

Dalam kegiatan tersebut, ikut mendampingi para pembina dari SMA KAE Woha. Di antaranya, Hajairin S.Pd, Sukartini, S.Pd, Arif  S.Pd, Khairunisa, S.Pd, Ruwaida, S.Pd, serta tim senior HUMPA yang juga alumni Sma Kae pimpinan persaudaraan.



Kegiatan pendidikan dan pelatihan ini, lanjut Agus, disamping bertujuan untuk memperluas wawasan kepramukaan peserta, juga untuk melatih fisik dan menggembleng mental anggota pramuka SWK 1608 - 04/WOHA.

Karena kata Agus, Satuan Karya Sakawirakartika harus mampu mengatasi kesulitan apapun. Baik di medan terbuka maupun tertutup.

“Contohnya, apabila menghadapi situasi rumit atau tersesat di tengah hutan, mereka harus mahir mengetahui utara dan selatan yang sebenarnya, agar peserta dapat mengetahui jalan yang harus di tempuhnya dengan membaca peta dan menggunakan alat kompas.” Tutur Agus

Tak hanya itu, guna mempertebal rasa nasionalisme anggota pramuka, mereka ditanamkan pemahaman tentang tentang idiologi pancasila, UUD 45 ,serta mengerti makna dari bendera merah putih.

Menjadi syarat mutlak kecapakan para peserta didik sakawirakartika, harus mahir dan mampu mengetahui dalam ilmu sejarah tentang pramuka, wawasan kebangsaan, Bela negara, idiologi pancasila, serta UUD 45, serta berprilaku yang sopan di dalam bermasyarakat. 

Anggota Pramuka SWK juga, dituntut untuk ikut membantu program pemerintah, seperti reboisasi dan penanggulangan bencana. Bahkan peran SWK ini diharapkan sebagai komponen cadangan TNI yang harus punya kepekaan social dan lingkungan.


Kegiatan yang dilakukan oleh Koramil Woha 04 ini layak dicontoh dan diapresiasi bersama. Karena Jika kegiatan seperti ini secara intensif dilakukan di wilayah Koramil lain, tentunya energy generasi  muda dapat disalurkan ke hal-hal yang positif. Sehingga mampu meminimalisir degradasi moral generasi muda, dan memenetrasi keterlibatan generasi muda dalam penyalahgunakan narkoba serta perilaku kekerasan. (Maman)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.