115 Obyek Wisata di Kabupaten Bima Terus Dikembangkan


Bima, Poros NTB.- Bagi para wisatawan lokal maupun Mancanegara, destinasi pariwisata di Kabupaten Bima memiliki daya tarik tersendiri. Bayangkan saja, dengan jumlah 115 obyek wisata yang tersebar di 6 zona pengembangan yang berada di 18 Kecamatan, tentunya membuat para wisatawan memiliki banyak alternatif.

Keenam zona tersebut, yakni kawasan Salawa (Sape–Lambu–Wawo) yang meliputi Gilibanta, Torombala (Pantai Pink Beach), Toro Maria, Pulau Kelapa, Dam Diwu Moro, Oi Wobo, Uma Lengge, Pesanggerahan Wawo, dan lain-lain.
 Sementara kawasan Sangiang Api Wera-Ambalawi, meliputi Pantai Oi Fanda, Karombo Wera, Pulau Sangiang, Pulau Ular, Oi Caba, Pasir Putih.
 Kawasan Metro Lewamori Woha-Belo-Palibelo dan Lambitu meliputi Pantai Kalaki, Gelanggang Pacuan Kuda, Kalate Mbaju, Bombo Ncera, Agrowisata Risa, dan Perkampungan Adat Sambori.
 Kawasan Teluk Waworada Parado-Monta dan Langgudu meliputi, Dam Pela Parado, Pantai Waworada, Pantai Wane, Pantai Rontu, Air Terjun Kalo dan Masjid Kamina.
 Kawasan Madong Park, Madapangga-Bolo-Donggo dan Soromandi, meliputi Taman Wisata Madapangga, Uma Ncuhi Mbawa, Pesanggerahan Donggo, Wadu Tunti, Wadu Pa’a, Benteng Asakota, Agro Forestry  Bumi Pajo.
Kemudian kawasan Bentang Tambora, sanggar- Tambora,  meliputi Taman Nasional Gunung Tambora, Hutan Madu, Mada Oi Tampuro, Pacuan Kuda Pantai Sandue dan sejumlah lokasi wisata lainnya.
 Kabid pengembangan Wisata, M. Akbar, SP, mengatakan, dengan adanya pengembangan 6 zona  tersebut, diharapkan kepada seluruh stakeholder agar dapat bahu membahu mendukung keberadaan destinasi maupun obyek wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Bima.
 Disampaikan Pula bahwa pada bulan Maret 2019 nanti akan diadakan Bike Tour,  yang akan mengambil star dari Lengge Wawo menyusuri daerah wisata dan budaya yang ada di wilayah Kabupaten Bima.
 Selanjutnya, pada bulan April 2019 akan diadakan kegiatan teka tambora dalam rangka memperingati  festival gunung tambora. Bulan Mei 2019 festival Wombo Ncera, bulan Juli kegiatan festival Sangiang Api sekaligus mendukung HUT Bima tanggal 5 Juli 2019.
 Pada bulan Agustus 2019 Festival Langgudu serta kegiatan bulan Pesona Lombok Sumbawa, Bulan September festival Uma Lengge Kecamatan Wawo serta pada bulan Oktober tahun 2019 pesta rakyat yang akan dilangsungkan di kecamatan Sape dan jelajah alam tambora meliputi kegiatan Trabas dan Offroad. (Aden)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.