"AYO NYOBLOS..!!!", TNI - Polri Menjamin Keamanan Pelaksanaan Pilpres & Pileg 2019 Hingga ke TPS

Banner iklan disini

BLUD RSUD Bima Siapkan Diri Lakukan Akreditasi

Sekretaris BLUD RSUD Bima, H. Sudarto, S.Kep
Bima, Poros NTB.- BLUD RSUD Bima saat ini sedang mempersiapkan diri untuk melakukan akreditasi, dimana saat ini masih menyandang Tipe C.

di indonesia sendiri kelas rumah sakit dibagi menjadi 5 yaitu kelas A, B, C, D dan E, perbedaan kelima kelas tersebut terletak pada fasilitas dan penunjang medis

Sementara Tipe C seperti yang disandang RSUD Bima, adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran subspesialis terbatas. Terdapat empat macam pelayanan spesialis disediakan yakni pelayanan penyakit dalam, pelayanan bedah, pelayanan kesehatan anak, serta pelayanan kebidanan dan kandungan. Yang didirikan di Kota atau kabupaten-kapupaten sebagai faskes tingkat 2 yang menampung rujukan dari faskes tingkat 1 (puskesmas/poliklinik atau dokter pribadi).

Akreditasi sendiri merupakan kewajban bagi setiap RS. Pasal 40 UU Rumah Sakit nomor 44/2009 menyatakan bahwa “Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali”.

Karena itu, BLUD RSUD Bima setelah berselang tiga tahun, kini sedang mempersiapkan melakukan akreditasi.

Menurut Sekretaris RSUD Bima, H. Sudarto, S. Kep, dengan melakukan akreditasi secara berkala, maka rumah sakit yang telah terakreditasi akan mendapatkan pengakuan dari Pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan dan managemen yang ditetapkan. 

Ia juga mengungkapkan, untuk memperoleh akreditasi, RS harus memenuhi tatanan dan parameter dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit yang harus dipenuhi. Jumlahnya sekitar 2.300 parameter. Standar yang dibuat Komisi Akreditasi Rumah Sakit tersebut mengikuti standar internasional sehingga banyak instrumen yang harus dipenuhi.

“Kendala RS, untuk mencapai akreditasi itu perlu sumber dana, kelengkapan SDM, dan lain-lain,” ujarnya, saat ditemui di ruangannya, Senin (18/2/19)

Untuk itu, kata dia, RSUD Bima saat ini sedang mempersiapkan dan memenuhi segala sesuatu yang terkait dengan tatanan dan parameter dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit.

Secara persyaratan, menurut Sudarto, untuk persiapan akreditasi sudah lengkap, dan telah diajukan surat untuk akreditasi pada tahun 2018 lalu.


“Jadi, akreditasi itu akan meningkatkan pelayanan dengan model standar RSUD. Terkait fasilitasnya sudah cukup untuk akreditasi. Mulai admitrasi, sampai  pelayan lingkungan bersih, dan dokternya sudah pas’” Pungkas Sudarto. (Red)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.