--> FKT Kabupaten Bima Akan Gelar Turnamen Sepeda Cross BMX se-Pulau Sumbawa | Poros NTB

FKT Kabupaten Bima Akan Gelar Turnamen Sepeda Cross BMX se-Pulau Sumbawa

SHARE:

Dibaca Normal
Ketua FKT Kabupaten Bima, yang juga Camat Woha, Irfan DJ SH
Bima, Poros NTB.- Forum Karang Taruna (FKT) Kabupaten Bima nampaknya akan mengukir sejarah dengan menggelar ajang bergengsi Turnamen Sepeda Cross BMX. Karena sebelumnya turnamen yang sama meski beberapa kali digelar, tapi masih terhitung dalam skala local.

Sementara Turnamen yang diselenggarakan FKT bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Waduwani dibuka untuk skala regional, yakni se-Pulau Sumbawa.

Ketua FKT Kabupaten Bima, Irfan DJ SH, saat ditemui di kantornya, Kamis (7/2/19) ini, membenarkan bahwa event yang digelarnya adalah yang pertama kali dibuka untuk peserta se-Pulau Sumbawa.

Mengambil tempat sirkuit cross sepeda di Desa Waduwani, akan diikuti oleh peserta yang berasal dari Sumbawa, Dompu, Bima, dan Kota Bima.

Irfan yang juga Camat Woha ini, berharap dengan adanya turnamen cross sepeda BMX se-Pulau Sumbawa ini bisa memberikan dampak positif bagi seluruh generasi.

“Jadi tujuan kita menggelar turnamen ini, agar bagaimana bisa memberikan edukasi yang positif bagi peserta. Terutama para pemuda agar teralihkan dari melakukan hal-hal yang negative.” Ujarnya.

Menurut Irfan, jika menilik dari topografi sirkuit yang ada, tentunya akan menarik. Karena arenanya dibangun sedemikian rupa untuk memicu adrenalin para remaja.

“Sirkuitnya sangat menantang karena dibangun sedemikian rupa. Mulai medan yang menanjak dan bergelombang gelombang untuk jumping para peserta.” Beber Ketua FKT yang baru dilantik berselang bulan ini.

Proses pendaftaran peserta sendiri sudah dibuka sejak lama. Irfan memperkirakan akan ada 200 peserta yang akan unjuk kecekatan memacu sepeda BMX dan memperlihatkan skillnya di atas lintasan yang panjangnya lebih kurang 1 km tersebut.

Menurut Irfan, para peserta akan dibagi ke dalam 3 kelas. Yakni kelas Pemula untuk peserta Sekolah Dasar, dan kelas Remaja untuk Pelajar SMP dan SMA, serta kelas untuk masyarakat umum.

“Masing-masing kelas akan distandarisasi sepedanya. Spesifikasi sepeda yang digunakan setiap kelas tidak sama. Baik ukuran ban maupun lainnya.” Ucap Irfan.

Yang tak kalah pentingnya, event ini digelar FKT Kabupaten Bima sebagai upaya untuk memasyarakatkan sepeda sebagai kendaraan sehat.

Apalagi saat ini, Pemda sendiri telah lama mencanangkan program car free day. Sehingga turnamen cross sepeda ini selaras dengan program Pemda tersebut.

Makanya tak heran Bupati Bima sangat mengapresiasi event FKT ini. Wujud nyata dari dukungan Pemda ini dalam menyokong kegiatan FKT, yaitu dengan digelontorkannya dana dari APBD II.

“Meski porsinya sedikit, tapi kami sudah sangat berterima kasih kepada Pemda atas sokongannya,” ungkap Irfan.

Terkait dana yang dibutuhkan, Irfan mengkalkulasikan akan membutuhkan dana sebesar Rp. 100 juta. Mulai dari membenahi dan membangun sirkuit hingga biaya operasional kepanitiaan hingga penyediaan hadiah.

“baru tersedia 10 porsen dari keseluruhan dana. Tapi kalau kita niat baik dengan menggelar turnamen ini, masalah dana akan ada jalan keluarnya,” ujarnya optimis.

Jika berkaca pada event-event serupa yang pernah digelar sebelumnya oleh Karang Taruna Tingkat Desa, terbilang berhasil.

Karena itu ia optimis, turnamen yang akan dimulai pada 11 Februari dan diperkirakan selama 20 hari ini akan menarik minat masyarakat.

Terbukti, lewat promosi yang gencar dilakukan lewat media social, mampu mendulang antusiasme masyarakat.  

“Di lapangan sparing saja setiap hari ratusan orang berlatih di lapangan sore hari. Full orang latihan.” Ujarnya.

Irfan menggaris bawahi, bahwa turnamen cross sepeda ini akan dirangkaikan dengan ulang tahun Korem 162 Wirabakti yang ke 53, dan dirangkaikan pula dengan kegiatan kepolisian yang berkaitan dengan festival millennia.

“Jadi kita akan membangun kebersamaan dengan pihak Korem dan kepolisian disamping juga pemda,” pungkasnya.

Irfan juga mengagendakan akan kembali menggelar turnamen yang sama di penghujung Tahun 2019 nanti. Dengan catatan, jika event pertama ini berhasil dilaksanakan.


Bahkan akan menggelarnya dalam skala yang lebih besar lagi, yakni Turnamen cross sepeda BMX se-Provinsi NTB. (Aden) 

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,39,bima,2678,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,226,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,715,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,135,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,306,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,796,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,398,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,58,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,21,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: FKT Kabupaten Bima Akan Gelar Turnamen Sepeda Cross BMX se-Pulau Sumbawa
FKT Kabupaten Bima Akan Gelar Turnamen Sepeda Cross BMX se-Pulau Sumbawa
https://4.bp.blogspot.com/-uTQNEmTdjeQ/XFwsfhZhMUI/AAAAAAAAC9I/WuyPe6pNwiYITWLAFYbIeDCCF2zMWqIJgCLcBGAs/s640/IMG-20190207-WA0000.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-uTQNEmTdjeQ/XFwsfhZhMUI/AAAAAAAAC9I/WuyPe6pNwiYITWLAFYbIeDCCF2zMWqIJgCLcBGAs/s72-c/IMG-20190207-WA0000.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2019/02/fkt-kabupaten-bima-akan-gelar-turnamen.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2019/02/fkt-kabupaten-bima-akan-gelar-turnamen.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content