Langganan Dapat Hibah Dikti, STKIP Tamsis Berpeluang Naik Kelas

HIBAH: Inilah para dosen penerima hibah Dikti di STKIP Taman Siswa Bima.

Bima, porosntb.com-STKIP Taman Siswa sudah 3 tahun terakhir selalu mendapatkan Hibah Penelitian dan Pengabdian yang dikompetisikan oleh Kemenristekdikti setiap tahun bagi seluruh dosen di Indonesia. Tahun 2019 ini STKIP Taman Siswa meloloskan 12 Proposal yang di dalamnya terdapat 2 Proposal Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT) yang sangat prestisius nilai pendanaannya. Serta kualitas judul penelitian yang cukup baik dengan tema yang relevan dengan kondisi permasalahan pendidikan saat ini. 

Demikian disampaikan Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman MSi. Kata dia, dosen pengusul hibah PKPT antara lain Endang Susilawati, MPd dengan judul "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa". Selain itu penelitian PKPT diperoleh Siswanto, MPd dengan judul "Pengembangan Model Eksperimen Inkuiri Berbasis Real World Problem dengan Kombinasi Setting Kegiatan". 

Penelitian yang lolos hibah tahun ini lanjutnya adalah SKIM Penelitian Dosen Pemula (PDP). Pada kategori ini terdapat 9 tim yang lolos dengan judul bervariasi. Asriyadin SPd, MPd berjudul "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Pendekatan Neuroscience Pada Siswa SMA". 

Selain itu juga ada Fitria Sarnita SPd MPd dengan judul "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis STEM untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif". 

Kemudian yang berasal dari program studi Pendidikan Fisika yang lolos adalah Sulfahri SPd, MPd dengan judul "Studi Terhadap Ornamen Pada Situs Wadu Pa’a Dengan Metode Karya Wisata di Kelas X SMA  Negeri 1 Woha". Kemudian Ita Fitriati S.Kom, MT berjudul "Perancangan Almihjam Expert System Penentuan Titik Bekam Basah Menggunakan Logika Fuzzy Forward Chaining". 

Judul yang lain yang sangat menarik seperti yang diusulkan oleh Ika Irawati, MPd dengan judul "Efektifitas Permainan Act-Poly Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (Hots) pada Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Muhammadiyah Kota Bima.   

Kemudian penelitian PDP yang lain yaitu Hairunisa S.Pd, M.Pd dengan judul "Studi Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sebagai Inovasi Pembelajaran pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA". Sedangkan Arif Hidayat SPd MPd dengan judul "Pengembangan Bahan Ajar Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Mind Mapping dalam Membiasakan Berpikir Logis Bagi Mahasiswa pada  mata Kuliah Metodologi Penelitian. 

Disamping itu ada nama Fitri Ningsih S.Pd M.Pd dengan judul "Peningkatan Kreativitas dan Self-Efficacy Mahasiswa Pada Mata Kuliah Writing IV Melalui Pembelajaran Generatif Berbasis Masalah Terbuka". Kemudian yang terakhir adalah Muhammad Ajwar MPd dengan judul "Penerapan Metode Open Ended untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA". 

"Selain lolos hibah penelitian PKPT dan PDP, STKIP Taman Siswa Bima juga meloloskan 1 Proposal Pengabdian SKIM Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Arif Hidayat S.Pd, M.Pd dengan judul Workshop Penyusunan Instrumen Evaluasi Otentik pada Pembelajaran K-13 Berbasis Online (e-instrument) Bagi Guru SMP di Kabupaten Bima NTB," terang Ibnu. 

Doktor jebolan UI ini menilai judul PKM tersebut sangat menarik untuk meningkatkan kualitas guru khususnya di Bima. 
"Oleh karena itu, PKM ini peluang juga bagi Pemda untuk mengembangkan kerjasama dengan kampus setempat untuk mengembangkan kualitas guru," ujarnya. 

Sementara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Anisah, M.Pd menyampaikan, tahun ini secara kuantitas proposal yang lolos sama dengan tahun lalu. Tapi dari segi SKIM proposal yang lolos ada peningkatan. 

"Karena ada dua orang dosen yang lolos SKIM PKPT yang nilai pendanaannya ratusan juta rupiah per proposal," katanya. 

Selain itu juga terdapat satu dosen yang mampu meloloskan proposal penelitian sekaligus pengabdian yaitu Arif Hidayat, S.Pd.,M.Pd. 

"Dengan Perolehan Hibah PKPT yang naik 100 persen ini juga akan memberi peluang menaikan level Cluster Hibah STKIP Taman Siswa dari Binaan ke cluster Madya, yang mana cluster madya ini dapat mendapatkan dana secara rutin setiap tahun dari Dikti yang akan dikompetisikan secara internal perguruan tinggi," bebernya, bangga. 

"SKIM PKPT juga mendorong adanya output berupa seminar Internasional yang diikuti oleh dosen penerimah Hibah dan Penyelenggaraan Seminar Nasional di Perguruan Tinggi Penerima hibah," timpa Sekretaris LPPM STKIP Taman Siswa Bima, Arif Hidayat, SPd MPd, mengakhiri. (Poros-07)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.