Bupati: Penyerahan Bantuan Rumah Bentuk Perhatian Pemerintah

Foto:Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri,SE.  
Bima,Porosntb.com-Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE pada kegiatan tersebut juga mengatkan bahwa penyerahan bantuan rumah program hibah rehabiitasi dan rekonstruksi pasca bencana banjir tahun 2018 kepada warga masyarakat yang mengalami musibah banjir tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada warga masyarakat sehingga pada kesempatan ini pemerintah menyerahkan bantuan rumah kepada warga masyarkat Kecamatan Wawo, Kecamatan Sape, Kecamatan Ambalawi dan KecamatanWera yang mengalami musibah tersebut.     Oleh karena itu dari bantuan yang diberikan ini kepada masyarakat penerima bantuan rumah dapat digunakan untuk menempati rumah tersebut sebagai tempat tinggalnya.
Seperti kita ketahui bersama bahwa bencana banjir beberapa waktu yang lalu membuat wilayah kecamatan Wawo dan kecamatan lainya yang juga terkena bencana banjir di wiayah Kabupaten Bima mengalami kejadian banjir ini banyak rumah penduduk yang hanyut akibat terjangan banjir tersebut, sehingga warga masyarakat yang rumahnya terbawa banjir pada saat kejadian tersebut, hingga kini masih menempati rumah-rumah kerabat terdekat. Untuk itu pemerintah daerah dalam rangka pemenuhan kebutuhan rumah penduduk tersebut mendapatkan bantuan hibah untuk merehabilitasi dan rekonstruksi rumah-rumah penduduk tersebut, sehingga pada hari ini, saya selaku kepala daerah menyerahkan bantuan rumah bagi penduduk yang mengalami musibah pasca banjir tahun 2018.

Keberhasilan Pemerintah daerah dalam menangani bencana bukan saja terletak pada ketersediaan perangkat Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah yang terkait dengan kebencanaan, tetapi juga implementasi perangkat kebijakan tersebut di lapangan, sehingga bukan tidak mungkin implementasi Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah Penanggulangan Bencana mengalami hambatan. Sebagai contoh, kebijakan otonomi daerah yang dimaksudkan untuk memberdayakan pemerintah daerah dan mendekatkan serta mengoptimalkan  pelayanan dasar kepada masyarakat ternyata tidak dengan sendirinya meningkatkan kemampuan daerah menangani bencana.

Diterbitkannya Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah tentang kebencanaan serta pengalaman penanganan bencana - telah menegaskan pentingnya suatu pedoman yang mengatur fungsi dan peran berbagai pihak terkait dalam penanganan bencana secara sistemik, terintegrasi dan komprehensif. Pedoman Rehabilitasi ini diharapkan dapat mengurangi kegamangan, mendorong koordinasi para pihak yang terlibat dalam tahap rehabilitasi bencana yang lebih jelas sehingga menghasilkan penanganan bencana yang lebih efektif.

Sebagai bagian dari keseluruhan penanggulangan bencana, implementasi tahapan rehabilitasi harus dikaitkan dengan tahapan lain. Hal ini, bukan saja kegiatan-kegiatan tahapan rehabilitasi berhubungan dengan tahap prabencana dan tanggap darurat tetapi juga berhubungan dengan tahapan rekonstruksi. Hubungan dan koordinasi antar tahapan ini sangat menentukan efektifitas dan efisiensi penanggulangan bencana.

Bupati Bima berharap dengan adanya penyerahan bantuan ini kepada warga masyarakat penerima bantuan agar dapat menempati rumah tempat tinggal sekaligus dapat merawat rumah tersebut dalam rangka pemenuhan sebagai tempat tinggalnya.
Kabag Humas dan Protokol.(Red)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.