Buramnya Dunia Pendidikan Bima,Salah Satu Sekolah Di donggo Terlihat Ngga Ada Aktivitas

Foto:Tak Adanya Aktivitas pada Kamis (04/04) pada SMP Negeri 7 Satap Donggo
BIMA-Kondisi pendidikan Kabupaten Bima dewasa ini ada yang jauh dari pengawasan mungkin menjadi salah satu faktor bagi siswa maupun guru SMPN 7 Satap Donggo untuk ogah-ogahan masuk sekolah. Meski bukan hari libur, aktivitas sekolah yang berada di Tolonggeru, Desa Monggo, Kecamatan Madapangga itu nampak membeku.Pantauan awak media porosntb online dan radar Tambora pada Kamis (4/4)pukul 09.30-10.00 Wita hanya terlihat  gedung sekolah tersebut kosong melompong yang ngga ada kegiatan Belajar (KBM) bahkan saking anehnya pada pagi jam belajar mengajar saat itu jangan kegiatan belajar mengajar, siswanya saja ngga ada Apalagi dewan guru.Pada hari itu bukan hari libur, tidak nampak satupun siswa atau guru di sekolah tersebut.






Foto:Rifaid Kadus Tolongeru Desa Monggo
Di tempat terpisah Kepala Dusun Tolonggeru, Rifaid yang ditemui pada ruangan kerjanya di Desa Monggo membenarkan jika kondisi sekolah setempat kerap sepi. Hanya saja dirinya sangat heran administrasi masuk Kecamatan Donggo sementara  keberadaan bangunannya masuk di wilayah kita Kecamatan Madapangga,” katanya.

Kadus, Sementara ada sekolah yang ada di tolongeru yang administrasinya diurus pada Wilayah kecamatan Madapangga.Anehnya SDN dan SMP termasuk masuk pada Wilayah kecamatan Donggo dalam hal administrasinya," herannya Rifaid pada Media.

Ditempat terpisah Kepala SMPN 7 Satap Donggo, Lubis yang dihubungi via seluler membantah jika sekolahnya diliburkan. Hari itu, kata dia, Pukul 09.30 WITA semua siswa dan guru sudah dipulangkan.

Kata dia,sekolah yang siswanya berjumlah 12 orang siswa yang terbagi tiga kelas. “Siswa kelas tiga hari itu melaksanakan ujian praktek. Jadi KBM dihentikan,” katanya.

Masih kata dia,sekolah yang gurunya PNS berjumlah tiga orang terdiri dari 2 orang guru dan satu kasek beserta 19 guru sukarela dan honorer ini diakui siswanya hanya 12 siswa terbagi tiga kelas," terangnya.

Sambungnya,pada waktu yang bersamaan dirinya harus mengikuti rapat persiapan UNBK di Kantor UPTD Dikpora Kecamatan Donggo. Sehingga pada saat awak media mendatangi sekolah, pihaknya tidak berada di tempat.

Diakui, SMPN 7 Satap Donggo selalu aktif layaknya sekolah lain. Demikian pula dengan kelangsungan KBM selalu berjalan dengan baik. “Kalau ada tudingan sekolah kita kerap sepi, itu tidak benar. Karena pelaksanaan KBM kita selalu berlansung baik setiap hari,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu ketua Mkks Kabupaten Bima Maman M.Pd mengatakan setiap sekolah menurut kalender pelajaran harus tetap melaksanakan kegiatan KBM
apalagi kalau waktu ujian." pada saat itu guru jadi Pengawas takutnya hal itu di langgar SMP negeri 7 Satap Donggo tersebut," ujarnya.

Persoalan siswa yang ada bukan menjadi persoalan mau banyak atau sedikit," akan tetapi selama kalender pelajaran masih ada kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan," ujar kasek SMP Negeri 1 Madapangga usai rapat pada Dinas UPT Dikdubpora Kecamatan Madapangga.

hal ini akan di bahas setiap bulan, semester bahkan 4 bulan sekali. Apa penyebab dari kondisi SMP Negeri 7 Satap Donggo tersebut akan kita bahas." Dirinya sangat sesalkan ada sekolah yang libur pada hal menjelang ujian semester ini kita harus kencangkan dalam mempersiapkan siswa guna menghadapi UNKP dan UNBK bagi kelas 9," ajaknya.

Keberadaan sekolah tersebut tidak melanggar peraturan. mengingat peraturan yang ada dari pemerintah pusat pendidikan diminta memperluas akses yang dekat dengan masyarakat,sedangkan Aspek Kuantatif seperti jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut bukan menjadi persoalan dan tidak melanggar hanya karena siswanya sedikit.

Ditambahkannya hal ini akan di bahas pada tingkat Dikdubpora Kabupaten Bima guna menindaklanjuti kondisi SMP Negeri 7 Satap Donggo ini," tambahnya.(Poros08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.