Mesjid Dipilih Desa Dena Untuk Sosialisasikan Keterbukaan Informasi Dana Desa

Foto: PemDes Desa Dena Gelar Sosialisasi Keterbukaan Dana Desa 2019 di Mesjid Baitussuhada.
BIMA,Porosnt.com-Kepastian informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan anggaran Dana Desa Tahun 2019, Pemerintah Desa Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima  menggelar kegiatan acara sosialisasi terbuka tentang penyelenggaraan dan penggunaan Dana Desa Tahun 2019 pada Jumat (5/4) bertempat di masjid Besar Baitussuhada Desa Dena.

Pada Kegiatan tersebut Turut  dihadiri oleh jajaran struktur kelembagaan Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Babinkantibmas, Babinsa, Ketua RT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda,  beserta seluruh jamaah yang hadir sholat jum'at pada saat itu.

Dana yang disosialisasikan pemdes dena tersebut yakni jumlah dana sumber pendapatan transver sesuai pagu indikatif dari pemerintah tahun anggaran 2019 yang dalam uraian secara rinci adalah alokasi dana desa (ADD) senilai Rp.  570.883.517 (Lima ratus tujuh puluh juta delapan ratus delapan puluh tiga ribu lima ratus tuju belas rupiah), Kemudian sumber dari dana desa (DDS) atau dari APBN Rp. 814.724. 063, - (Delapan ratus empat belas juta tujuh ratus dua puluh empat ribu enam puluh tiga rupiah), dana pendapatan pajak dan retribusi daerah (PRD) Rp. 21.751.603,00 ( Dua puluh satu juta tujuh ratus lima puluh satu ribu enam ratus tiga rupiah) dan dana pendapatan asli desa (PADesa) Rp. 34.600.000,00 ( Tiga puluh empat enam ratus ribu rupiah)," ujar Wahyudin Sekdes Dena.

Wahyudin.S.Ip saat di konfirmasi awak media ini menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pemerintah desa dena merupakan kegiatan sosialisasi terbuka tentang informasi yang bertujuan menjelaskan tentang  penyelenggaraan anggaran desa dan alokasi dana desa di tahun anggaran 2019 dalam hal penggunaan dana ADD, dana DDS dan Dana BDPRD maupun dana PADes.

Disinggung pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan pada sarana ibadah hari ini adalah rencana pemerintah desa sejak awal yang semula direncanakan seminggu,akan tetapi mengingat adanya berbagai kendala makanya kegiatan tersebut terlaksana hari ini," terangnya.

Kenapa harus disosialisasikan itu berdasarkan aturan yang ada ditambah lagi keterbukaan informasi itu sangatlah penting untuk diketahui oleh seluruh masyarakat desa dena khususnya, dan masyarakat lainnya umumnya guna tidak terjadinya kesalah pahaman masyarakat terhadap penggunaan dana desa,"ujarnya.

Sekretaris desa dena Wahyudin,SIp menjelaskan, dalam rangka dilaksanakannya kegiatan sosialisasi di Masjid Baitussuhada pada hari jum,at tersebut, pemerintah desa dena dengan bentuk alasannya dikarenakan pada hari jum'at ini seluruh warga masyarakat hadir untuk melaksanakan kegiatan sholat jum'at.

"Maka dalam momen ini adalah yang pas untuk lakukan sosialisasi agar seluruh warga menerima langsung informasi dari pemerintah desa,"katanya.

Lanjutnya, atas nama pemdes dena Wahyudin.S.Ip mengucapkan rasa berterimakasih kepada jajaran struktur kelembagaan desa dan masyarakat setempat telah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi terbuka yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan penggunaan anggaran desa ditahun 2019 ini.

"Kami sangat bangga sekali terhadap semua elemen komponen masyarakat desa dena yang hadir dalam acara ini tentu kiranya dapat menyelaraskan informasi di tengah -tengah lingkungan masyarakat desa dena, "ucapnya.

Wahyudin.SIP berharap dilaksanakannya kegiatan sosialiasi terbuka ini sebagai upaya dan tujuan membuka informasi untuk menghindari terjadinya  kecurigaan adanya penyalahgunaan anggaran desa oleh yang merasa tidak puas terhadap pemerintah desa dena dalam hal penggunaan anggaran dana ADD, dana DDS, dan dana BDPRD maupun dana PADes desa  dena.

"Sekiranya ada sesuatu hal yang masih belum dapat dipahami masyarakat terkait penggunaan dana desa dena tahun 2019 ini, masyarakat dapat mendatangi pihak pemdes dena di kantor minta kejelasannya. Tanpa harus melakukan hal -hal dianggap melanggar hukum,"harapnya.(Poros08)


Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.