Banner iklan disini Banner iklan disini

Pasutri di Tolotangga Bertahan Hidup di Rumah Tak Berpapan

Siti Asia saat berdiri di depan rumah panggungnya yang tak berpapan
Bima, Poros NTB.- Sepasang suami isteri, Abdul Hamid dan Siti Asia, warga Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima, boleh dikata merupakan keluarga yang paling tidak beruntung di desanya.

Himpitan ekonomi yang merajam keluarga ini, membuat mereka terpaksa menempati rumah panggung tak berpapan selama puluhan tahun.

Untuk meminimalisasi terpaan angin dan hujan, Hamid mencoba memapani dinding rumahnya yang berukuran sekitar 4 x 6 meter tersebut dengan kain.

Kain yang dipasangnya itupun hanya mampu dibelinya untuk sekedar menutup setengah dari bagian depan rumahnya.

Sementara, terpal bekas nampak menjuntai menutup sebagian lain bagian belakang rumahnya.
Semua orang memang mendambakan hunian yang layak. Bisa terlindung dari terik, angin dan hujan. Terlebih saat ini Hamid dan isterinya diambang usia senja.

Ironisnya, di tengah kemajuan pembangunan yang menjadi program utama pemerintah, ternyata masih banyak masyarakat miskin yang belum merasakannya. Sebut saja program bedah rumah, misalnya.

“Iya sih, inginnya kita rumah ini diperbaiki, tapi penghasilan kami sebagai buruh tani hanya untuk mencukupi kebutuhan makan dan minum saja,” ujar Siti Asia polos.

Tuturnya lebih lanjut, setahun lalu, fisik rumah mereka pernah diambil fotonya, dan dijanjikan untuk direnovasi. Sayangnya janji itu tak kunjung tiba. (Teddy)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.