Peningkatan Fungsi Pusdalop BPBD, Penting Bagi Pelayanan Informasi Kebencanaan


Bima, Poros NTB.- Rapat Koordinasi Pelayanan Informasi Kebencanaan tahun 2019 diselenggarakan Kamis (11/4) di kantor BPBD Kabupaten Bima dihadiri 30 peserta dari OPD terkait, TNI /Polri, Camat, organisasi radio amatir, perwakilan media ditindak lanjuti dengan adanya kesepakatan dalam pelayanan informasi kebencanaan di Kabupaten Bima. 
                      
Beberapa hal penting antara lain pentingnya optimalisasi peran Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalos) BPBD kabupaten Bima dalam membuat laporan berkala kejadian bencana, baik pada saat bencana maupun ketika tidak terjadi bencana.
        
Rakor juga menyepakati bahwa     informasi kebencanaan dari Pusdalop tersebut selanjutnya disampaikan ke instansi terkait seperti Humas dan Kominfo untuk selanjutnya disebarluaskan melalui beragam saluran yang ada baik melalui media online seperti website maupun radio komunikasi televisi dan aplikasi berbasis android dan rapat. 
         
Poin lainnya juga disepakati adalah  melakukan rapat koordinasi secara berkala per triwulan. 
    
Sebelumnya, Sekretaris BPBD kabupaten Bima Indra Nurjaya, SH dalam pengantarnya mengatakan, "Rakor ditujukan untuk mengoptimalkan koordinasi pelayanan informasi kebencanaan yang akurat dan cepat kepada masyarakat. 
           
Dalam tata kelola informasi kebencanaan, akurasi informasi penting untuk pengambilan keputusan secara tepat dan cepat. Karena itu, perangkat komunikasi harus bisa digunakan secara optimal dalam penanggulangan bencana.
            
"Arus informasi kebencanaan harus memiliki satu pintu masuk dan keluar dan sebelumnya diolah, dianalisa dan dikeluarkan melalui Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalop) BPBD. Kita berharap Rakor dapat merumuskan satu formula sebagai acuan dalam pengelolaan informasi terkait kebencanaan". Terang Indra.(Kom)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.