Salut! Demi Menjaga Kebersihan, Wakil Bupati Bima Tak Segan Pungut Puntung Rokok yang Berserakan

Wakil Bupati Bima, Drs. H Dahlan M. Noer tak segan-segan memungut sendiri
puntung rokok yang berserakan di beranda belakang lobi Kantor Pemkab Bima

Bima, Poros NTB.- Wakil Bupati Bima, Drs. H Dahlan M. Noer tak segan-segan memungut sendiri puntung rokok yang berserakan di beranda belakang lobi Kantor Pemkab Bima di hadapan puluhan pasang mata pengunjung yang berdiri berjejer di beranda, termasuk para bawahan, anggota Pol PP.

Di mata awak media ini, apa yang dilakukannya tidaklah menurunkan derajat dan wibawanya sebagai salah seorang punggawa daerah. Yang terbersit malah rasa hormat yang semakin dalam. Kewibawaan dan kharismanya sebagai seorang pemimpin tidak pudar karenanya,  akan tetapi semakin menyolok atas apa yang dilakukannya.

Wakil Bupati yang akrab disapa awak media dengan sebutan Babe ini, memang dikenal sebagai sosok yang tak banyak omong.

Kesediaannya memungut sampah berupa puntung rokok yang berserakan yang dibuang serampangan oleh para perokok yang berkunjung, mengingatkan kita pada quote (kata bijak) “Lead by Example, not by showing samples”. Yang artinya, seorang pemimpin harus memberi  teladan yang baik bukan hanya omongan semata.

Rasa harus bercampur bangga menyeruak dari awak media ini, memiliki sosok pemimpin seperti Babe ini.

Dan semestinya, puluhan pasang yang melihat apa yang dilakukan Wabup ini patut merasa malu diri, terlebih para bawahannya dan Pol PP yang berjaga di situ.

Dan semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan, dan jangan malu memungut sampah yang ditemui untuk dibuang di tempatnya.

Ceritanya, saat itu, Senin (8/4/19), usai mengisi dan mengikuti acara peringatan Isra dan Mikraj yang digelar Pemkab setempat, Wakil Bupati bersama sejumlah pejabatnya keluar dari tenda kegiatan yang langsung disambut sowan dari pengunjung kantor termasuk beberapa awak media.

Matanya menatap miris kearah puntung rokok yang berserakan, yang memang merusak konsep kebersihan dan keasrian lingkup kantor yang selalu ingin dijaganya.

“Ini siapa yang membuang puntung rokok sembarang seperti ini? Tolonglah jaga kebersihan, jangan dibuang sembarangan, khan sudah disediakan tempatnya,” sesalnya.

Ia tidak banyak mencerca, tidak pula congkak memerintah. Bisa saja ia menyuruh Pol PP yang berjaga untuk membersihkan puntung-puntung rokok tersebut.

Tapi salutnya, usai memberikan himbauan agar jangan membuang puntung rokok sembarangan, dan memberikan arahan kepada anggota Pol PP agar menegur orang yang merokok untuk membuang puntungnya di tempat yang telah disediakan, iapun memungut sendiri puntung-puntung rokok tersebut dan langsung beranjak menuju ruangannya meninggalkan puluhan orang yang hanya bisa terdiam membatu.

Simpel memang, rasa hormat dan menghargai bisa didapat melalui cara seorang pemimpin melakukan tindakannya, dengan memberi tindakan dengan sedikit omongan akan mempengaruhi psikologis orang lain, sehingga mereka akan merasa terpacu untuk melakukan apa yang dicontohkannya.

Sekali lagi, Salut untuk Wakil Bupati Bima, Drs. H Dahlan M. Noer. (Aden/Teddy)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.