CCTV Berfungsi Kurangi Angka Kriminal di Sekolah

Kepala SMPN 1 Madapangga Maman MPd


Bima, Porosntb.com-Alat CCTV sangat diperlukan bagi sekolah selain memantau siswa juga dapat mengurangi rentannya kejahatan di lingkungan sekolah, seperti pencurian dan sebagainya. 

Inilah yang dilihat SMPN 1 Madapangga. Kepala sekolah setempat Maman.l SPd MPd mengaku sudah memasang delapan titik CCTV yang dipasang di sekolahnya. Diakui, selama pemasangan CCTV, cukup membantu sekolah dalam meminimalisir kejahatan di sekolah.

"Selama ini sangat bermanfaat. Dimana dipasang pada tempat-tempat yang dianggap rawan yakni tempat parkir, ruangan guru, awal mula masuknya siswa, serta tempat penyimpanan alat-alat sekolah," tutur Maman.

Sebelum adanya CCTV, sekolah rentan terjadi tindakan kriminal dan hal lain seperti hilangnya sepeda motor di tempat parkiran.

"Seperti hari ini, motor dianggap hilang, setelah dicek CCTV ternyata disimpan di tempat lain. Ini kasusnya sudah dua kali terjadi," terangnya. 

Peristiwa lainnya yang terjadi pada waktu itu ada warga yang merampas Hp milik siswa akan tetapi pada saat terekam CCTV, Hp tersebut langsung dapat diambil kembali pada perampasnya setelah aksinya terekam CCTV. Selain itu pada saat pelaksanaan proyek ada juga yang mengambil kayu didatangi ke rumahnya dan bisa menyerahkan kembali kayu tersebut.

Dirinya sering menghimbau pada saat kegiatan pertemuan dengan seluruh kepala sekolah pada saat kegiatan musyawarah Kepala Sekolah (MKKS) agar memanfaatkan CCTV di setiap sekolah. 

"Fungsinya banyak dan dapat dikontrol jarak jauh oleh Kasek walau berada di luar sekolah. Apalagi kalau CCTV yang bagus yang kondisinya jarak 100 meter dapat di zoom yang apabila semakin gelap semakin jelas hasilnya," terangnya. 

Ditanyakan harga CCTV dari 8 titik yang ada di sekolahnya berharga belasan juta. Dirinya tahun ini akan menargetkan pada setiap kelas CCTV akan terisi, sehingga memantau kondisi siswa akan dapat dikontrol baik melalui operator sekolah atau melalui hp pribadi kasek.(Poros08)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.