Desa Dena Tercatat sebagai Pengumpul Zakat Mal Terbanyak

Sekretaris UPj Kecamatan Madapangga Syaifuddin S.Sos

Bima,Poros NTB.- Dalam upaya untuk mengoptimalkan pengumpulan Zakat Fitrah, Sekretaris Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Madapangga Syafiuddin, S. Sos, menyampaikan, bahwa jajaran pendidikan yang ada di Kecamatan Madapangga telah menyetor Zakat sekolahnya.

“Seluruh sekolah yang ada di wilayah kecamatan Madapngga telah menyetorkan zakat sekolah. Dimana nilai zakat dari sekolah itu tergantung jumlahnya siswanya yang ada," ucap Syafruddin. Sabtu (01/06/19) di ruang kerjanya.

Kata dia, jumlah penyetoran sekolah juga bervariasi. Ada yang 300 hingga 600 ribu, seperti SDN Inpres Woro dua hari ini menyetor Rp 320.000.

Sementara SDN Inpres Tonda Berjumlah 600.000. Hal ini, menurtnya, berdasarkan ketentuan yang menyebutkan Rp 25.000 untuk masing-masing siswa.

“Akan tetapi bagi anak pegawai negeri ditanggung orang tua," pilahnya lebih lanjut.

Sambungnya, zakat Fitrah sekolah yang disampaikan ke pihak Kecamatan hanya sekitar 70 Porsen, sebagiannya akan disetor ke desa.

Untuk alur penyaluran zakat Fitrah sekolah ini, setelah disampaikan kepada pemerintah kecamatan akan diserahkan kepada ketua UPJ Madapangga sebesar 50 Porsen, guna disampaikan kepada Baznas Tingkat Kabupaten.

Sisanya 20 Porsen untuk Penerima zakat (UPJ) Kecamatan.

Selain zakat Fitrah, ketua UPJ dari KUA Madapangga. H.Muhdar, menyampaikan, pihaknya juga menangani pengumpulan Zakat hasil pertanian (zakat Mal) di wilayah kecamatan Madapangga.

“Sudah 10 Desa yang masuk. Tinggal desa Woro saja," tuturnya.

Sementara pengumpul zakat mal terbanyak adalah Desa Dena senilai Rp 15 juta.

"Sedangkan dari Zakat fitrah jajaran sekolah masih berjalan. Dan semoga tenggat waktu tersisa, baik itu jajaran sekolah maupun desa bisa menyetor semuanya," Harap H. Muhdar.(Poros.08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.