Ita Fitriani, Dosen Multi Talent Peneliti Pengobatan Bekam Berbasis IT

Ita Fitriati, S.Kom MT


Bima, Porosntb.com-Ita Fitriati, S.Kom, MT merupakan satu di antara dosen prestasi yang dimiliki STKIP Taman Siswa Bima. Dosen Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi ini memang tercatat sebagai dosen yang memiliki kualitas lebih. Mulai dari peraih beasiswa S2 hingga melakukan riset pengobatan bekam berbasis IT. 

Kualitas yang dimiliki Ita Fitriani patut dibanggakan kampus STKIP Taman Siswa Bima. Prestasi demi prestasi telah ia torehkan hingga bisa masuk menjadi dosen di kampus Merah tersebut.

Kemampuannya sudah ia tunjukkan semenjak masa kuliah S1 dengan menjadi asisten Lab (Pendamping dosen untuk mengajar mata kuliah praktikum untuk mahasiswa) di Universitas Muslim Indonesia.

Selain menyelesaikan studi tepat waktu, Magister Teknik Elektro-konsentrasi Teknik Informatika Universitas Hasanuddin ini juga menjadi wisudawati terbaik se-Fakultas Ilmu Komputer UMI. Hal ini membuat Ibu dua anak tersebut terpilih mendapatkan beasiswa unggulan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mlanjutkan program magister. 

Selama kuliah S2, separuh waktu digunakan untuk mengabdikan diri menjadi dosen luar biasa di kampus almamater UMI, dan terlibat dalam kegiatan kerohanian pada salah satu lembaga organisasi yang ada di Makassar. Pasca menyelesaikan studi S2, terplih pada seleksi penerimaan dosen STKIP Taman Siswa melalui program perekrutan dosen jalur berprestasi oleh Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si. 

Selama menjadi dosen, perempuan yang lahir di Rato-Sila 12 Oktober 1988 ini aktif melakukan penelitian. Antara lain pada tahun 2018 lolos hibah penelitan yang dibiayai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan judul Pengembangan Computer Based Test (CBT) untuk Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. 

Penelitian tersebut mengembangkan software pembelajaran berupa CBT (Computer Based Test), CBT berupa alat yang digunakan oleh dosen untuk mempermudah dalam melakukan evaluasi (Ujian Harian, Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir Semester). CBT ini merupakan sebuah metode baru yang digunakan dari kebanyakan, banyak hal yang bisa diefisiensi dengan metode ini. 

Diantaranya, adalah meminimalisir penggunaan kertas pada saat ujian, efisiensi dalam hal waktu ujian dimana mahasiswa bisa cepat menyelesaikan ujian sesuai dengan waktu yang ditentukan dalam software CBT, dan mempercepat pemrosesan nilai mahasiswa. Penerapan CBT dilakukan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi yang mengampu Matakuliah Bahasa Inggris Komputer. 

"Pengembangan Software CBT ini merupakan kolaborasi dari dua dosen, Ibu Ika Irawati menguasai dari segi isi materi terkait matakuliahnya, sedangkan ibu saya mempaketkan materi tersebut kedalam sebuah software," ujar Ita Fitriani. 

Softeware yang dibangun berbasiskan hot potatoes, aplikasi ini dipilih karena kemudahannya dalam pengoperasian dan kesesuaian dengan bentuk test yang digunakan oleh dosen.

Selanjutnya pada tahun 2019 ini, Ita begitu sapaan akrab dara kelahiran Bolo ini, kembali lolos penelitian yang didanai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, dengan judul Perancangan Almihjam Expert System Penentuan Titik Bekam Basah Menggunakan Logika Fuzzy Fordward Chaining. 

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan software untuk menentukan titik bekam, software ini diberi nama Almihjam. Almihjam dibuat dengan mengambil kepakaran dari seorang terapis yang biasa bergelut pada bidang bekam dan obat-obat herbal. 

"Software ini dirancang dengan tujuan agar bisa bermanfaat untuk terapis sekaligus pasien, sehingga diharapkan adanya ketebukaan informasi antara keduanya," bebernya.

Lanjut Ita, terapis memanfaatkan aplikasi ini untuk mempercepat pengambilan keputusan tindakan penyembuhan. Sedangkan pasien bisa mendapatkan informasi detail terkait penyakit yang diderita. 

"Pada implementasinya nanti, software ini akan diuji cobakan pada salah satu klinik yang berada di Kota Bima," imbuhnya.

Selain aktif pada penelitian, Ita Fitriati, S.Kom., M.T juga aktf pada berbagai kegiatan pengabdian masyarakat sebagai implementasi tugas tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan antara lain pada tahun 2013, menjadi juri pada event IT Competition Tingkat SMA/SMK/MA Se-Pulau Sumbawa di STKIP Yapis Dompu. Pada tahun 2014, dosen pembimbing pada Study Club Mahasiswa Teknologi Informasi STKIP Taman Siswa Bima. Pada tahun 2015, Penasehat sekaligus juri pada event IT Competition Tingkat SMP, SMA & SMK Se-Kota dan Kabupaten Bima di STKIP Taman Siswa Bima.  Pada tahun 2016 sebagai Tutor dalam Materi Pengelolaan Nilai Siswa Menggunakan Microsoft Excel dalam kegiatan Pelatihan IT untuk Guru, di SMP Bumi Pajo Kecamatan Donggo. Pada tahun 2017, Pemateri dalam Kegiatan PTI Mengajar “Pelatihan Ms.Word, Ms.Powerpoint, dan Update Teknologi Masa kini”, di SMA Darul Hikmah Ambalawi.(poros07)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.