Pemkab Bima menggelar Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional


Bima, Poros NTB.- Dalam rangka Kampanye Anti Narkoba tahun 2019 ini, Pemkab Bima menggelar Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tingkat Kabupaten Bima di halaman kantor BNNK Bima, Rabu (26/6/19) lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BNNK Kabupaten Bima beserta seluruh Jajarannya, Assisten 1 Setda Kota Bima, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para penggiat Anti Narkoba, toga, toma dan tokoh pemuda.

Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima HM.Qur’ban, SH yang membacakan amanat dari Wakil Presiden RI mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara besar dengan jumlah penduduk terbesar keempat dunia, dengan wilayah terbentang dari sabang sampai dengan merauke.

Indonesia memiliki tantangan yang tidak mudah sebagai negara besar dan maju. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah permasalahan kejahatan narkotika. Indonesia ditengah-tengah perang melawan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.
Karena apabila tidak ditangani secara bersama-sama oleh semua elemen masyarakat maka akan mengancam eksitensi bangsa yang berdampak pada rusaknya tatanan sosial serta mengancam kondisi ketahanan nasional suatu negara.

Indonesia memiliki cita-cita sebagai negara dengan ekonomi terkuat kelima pada tahun 2045.

Untuk mewujudkan tantangan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang unggul dan tangguh.

Oleh karena itu, guna mewujudkan SDM yang handal, unggul dan tangguh harus dilaksanakan sedini mungkin yaitu dengan melindungi dan menjaga anak-anak kita agar tidak terjerumus dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan generasi muda menjadi kader bangsa yang tangguh dalam menghadapi tantangan pembangunan, serta bertanggung jawab terhadap masa depan kehidupan bangsa dan negara.

Keberadaan Generasi muda sebagai penggerak pembangunan dalam mewujudkan Indonesia yang sejahtera harus dilibatkan, Sebagai penggiat dalam mengkampanyekan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dl masyarakat.

Sementara itu tema yang diusung dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ini yaitu mewujudkan “milenial sehat tanpa narkoba menuju indonesia emas”.

Penanggulangan permasalahan narkotika harus dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.

Penanggulangan tersebut dapat dilakukan secara seimbang melalui pendekatan hukum dan pendekatan kesehatan, sosial, serta pendidikan. sehingga upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dl indonesia dapat terlaksana dengan baik.

Untuk menghadapi tantangan ancaman kejahatan narkotika dengan modus operandi yang kian beragam, dibutuhkan komitmen, semangat, dan tekad yang kuat dalam mengatasi permasalahan yang tanpa batas. memerangi narkoba sampai tuntas menjadi prioritas pemerintah bersama dengan masyarakat.

Berharap dengan diperingatinya Hari Anti Narkotika ini, diperlukan dukungan seluruh elemen masyarakat dan bangsa dalam rangka mengemban tugas dan amanah, sehingga kedepanya dapat menjadikan Negara dan daerah kita yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Karena jika masyarakat sehat maka negara akan kuat. Ujarnya.

Menurut Kepala BNNK Kabupaten Bima AKBP. Ivanto Aritonang, S.T. dalam laporan bahwa dengan diperingatinya Hari Anti Narkotika setiap tanggal 26 Juni ini, merupakan wujud keprihatinan seluruh dunia sebagai upaya memerangi penyalahgunaan dan peredaran Narkotika.

Maka dari itu dibutuhkan gerakan kepedulian dari segala unsure masyarakat,sehingga tidak merusak generasi bangsa. Keberadaan generasi millennial harus bisa menggelorakan  semangat membara untuk menyadarkan seluruh komponen bangsa dalam membangun solidaritas sebagai  upaya mencegah dan memberantas penyalagunaan dan peredaran gelar narkotika yang menjadi ancaman kehidupan bangsa, Negara dan masyarakat.


Momentum Hari Anti Narkoba Internasional tingkat Kabupaten Bima ini ditandai dengan penyerahan cinderamata kepada anak yang dikhitan yang secara simbolis diterima oleh 4 orang anak. (Hum)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.