Peringatan HARGANAS Tahun 2019 Dihelat di Kabupaten Bima


Bima, porosntb. com.- Minggu, 30 Juni 2019, bertempat di halaman Kantor Bupati Bima, dihadiri oleh Deputi KSPK RI (Dr.dr. Muhammad Yani, M.Kes), Gubernur - Wakil Gubernur NTB, Kepala Daerah se-provinsi NTB serta jajaran Muspida Kabupaten Bima dan para Kepala OPD dan Staf.

Dalam Sambutannya, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyampaikan bahwa Hari Keluarga Nasional (Harganas) ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014 yang hakikat peringatannya bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja, dan swasta tentang pentingnya pembentukan karakter sejak dini untuk mewujudkan pelembagaan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera melalui penerapan 8 (delapan)  Fungsi Keluarga.

"Tema yang diusung dalam peringatan harganas tahun 2019 yaitu Semangat Harganas Momentum Bersama Meraih NTB Gemilang Menuju Bima RAMAH.

Tema ini merupakan  refleksi dari pemaknaan atas ungkapan "baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur" negeri bertabur nilai Religius, Aman, Makmur, Amanah dan Handal; dimana hidup dan kehidupan masyarakatnya dipenuhi hikmah dan keberkahan" ungkap Umi Dinda.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa, guna mewujudkan visi tersebut, dibutuhkan sinergi dari segenap perangkat pemerintah dalam menjalankan delapan misi pembangunan yang akan ditempuh, serta menjadi arah dan kebijakan RPJMD NTB 2018-2023.

Kedelapan misi tersebut, yakni pertama percepatan Pembangunan dengan konsep membangun yang transparan serta  percepatan perwujudan masyarakat madani yang beriman dan berkarakter dengan prinsip dasar menghargai kemanusiaan, keberagaman dan kesetaraan gender yang proporsional.

Pada konteks Bima RAMAH, searah dengan pembangunan keluarga secara terencana dan berkelanjutan sebagai titik awal dari pemajuan masyarakat secara luas, visi pemajuan Bima RAMAH telah tercover dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019 difokuskan  pada 5 (Lima) Prioritas  Pembangunan sebagai berikut :
1. Pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar;
2. Peningkatan pertumbuhn ekonomi daerah melalui optimalisasi pemanfaatan potensi daerah terutama dari hasil pertanian, perikanan, pariwisata dan ekonomi kreatif;
3. Pembangunan Infrastruktur dan Sarana Prasarana Perkantoran
4. Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup
5. Perwujudan kehidupan masyarakat yang aman, tertib, harmonis dan berkeadilan.

Pada akhir sambutannya Bupati Bima berharap semoga  melalui  peringatan Harganas ini, spirit dan komitment kita tersegarkan kembali untuk membina dan memajukan keluarga sebagai satuan terkecil dari masyarakat  agar menjadi kekuatan utama dalam mewujudkan masa depan yang gemilang.

Terkait momentum Harganas ini, Gubernur NTB Dr. Zulkiflimansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pekerjaan Rumah (PR) besar manusia yakni belajar untuk menjadi manusia yang baik dalam kehidupan.

Hal tersebut berbanding lurus dengan pemaknaan bahwa tantangan terbesar untuk menjadi "baik" dan mencetak "generasi baik" adalah optimalnya pembinaan keluarga melalui perekatan kasih sayang dan ketersediaan ruang kebersamaan dengan keluarga.
Gubernur juga menyampaikan pujian bahwa Kabupaten Bima sanggup menunjukkan rasa kekeluargaan yang tinggi, menjaga harmoni dengan cukup indah ditengah pluralitas suku, agama dan Ras masyarakat.

"Rasa kekeluargaan di Bima amat kental, masyarakatnya mampu hidup rukun dan damai sebagai hakikat dari rasa kekeluargaan. Hal inilah yang juga menjadi pertimbangan utama penetapan Kabupaten Bima sebagai pusat dihelatnya Peringatan Harganas XXVI Tingkat Provinsi NTB" ungkap Dr. Zulkiflimansyah menutup sambutannya. (Hum)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.