Puasa, 115 Pasien di Puskesmas Bolo Didominasi Diare

Pasien diare yang dirawat di Puskesmas Bolo



Bima,Porosntb.com-Selama bulan puasa, tercatat ada 115 pasien rawat inap di Puskesmas Bolo. Jumlah tersebut didominasi oleh pasien dengan diagnosa GEA atau diare.

Petugas piket Ruang Inap Puskesmas Bolo, Nila Sukma Haerani, AMD, Kep, mengatakan, total pasien tersebut berasal dari berbagai desa yang ada di kecamatan setempat. Namun ada satu orang pasien yang mengalami penyakit pembengkakan hati dan dirujuk ke RSUD Bima. 

"Selama bulan ramadhan pasien tidak ada yang meninggal tapi satu orang dirujuk," jelas Nila.

Lanjutnya, dari semua pasien tersebut bisa ditangani secara medis dan berangsur pulih. Sehingga satu persatu dikeluarkan sekaligus beraktivitas kembali sebagaimana mestinya. "Dari total pasien yang dirawat, tinggal dua orang pasien diare," katanya.

Petugas jaga lainnya, Lila Laswita, AMD Kep, merincikan penyakit yang dialami 115 pasien tersebut yakni thypoid fever atau tipes sebanyak 23 orang, GEA atau Diare sebanyak 33 orang, paru obstroksi 7 orang, DBD 7 orang dan sisanya penyakit biasa.

Sementara itu, dokter umum Puskesmas Bolo, dr. Heni memyampaikan, banyaknya pasien yang alami Diare selama bulan ramadhan karena pola makan saja. Yakni kebanyakan makan santan, sehingga mengakibatkan pasien diare. "Selain alami diare, pasien juga alami asam lambung karena banyak konsumsi makanan yang digoreng, makanan berasam dan lainnya," tutup Heni.(Poros08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.