Transparansi, SLBN Kabupaten Bima Sosialisasi Dana BOS


Kepala sekolah Sriyati (paling kiri) bersama tamu undangan yang juga diikuti aparat kepolisian untuk ikut mengawal penggunaan BOS di sekolah setempat
Bima, porosntb.com-Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kabupaten Bima terus berupaya menciptakan transparansi penggunaan anggaran di sekolah setempat. Seperti penggunaan dana BOS, pihak sekolah mengundang orang tua siswa untuk mengikuti sosialisasi. Hal ini dilakukan agar wali murid bisa mengetahui dana yang ada di sekolah setempat dan bagaimana pengelolaannya. 

Kegiatan yang berlangsung di aula sekolah setempat, pada Sabtu (22/6/19) lalu, sedikitnya ada 60 orang wali murid ikut hadir. Dalam sosialisasi itu, pihak sekolah sekaligus membagikan transportasi siswa yang memang tertuang dalam item dana BOS setempat. 

Kepala SLBN Kabupaten Bima, Sriyati SPd mengatakan, sosialisasi tersebut sebagai upaya sekolah dalam menciptakan keterbukaan baik di lingkungan sekolah dan masyarakat. 

"Wali murid itu berhak mengetahui penggunaan dana BOS. Tidak boleh ditutup-tutupi dana BOS maupun dana apapun yang masuk ke sekolah. Semuanya harus terbuka agar masyarakat bisa ikut mengawal," tuturnya. 


Penyerahan uang transportasi siswa kepada wali murid
Dijelaskan, sosialisasi tersebut rutin dilakukan setiap tahun dengan melibatkan beberapa unsur yang ada di sekolah dan Dinas terkait. Hal ini dilakukan agar wali murid bisa paham dan mengerti apa saja yang dibiayai dari dana BOS. 
"Sosialisasi dana BOS ini sangat perlu. Sehingga orangtua tahu apa saja penggunaan dari dana BOS," imbuh perempuan berdarah Ngali, ini.
Sri juga menegaskan, pendampingan dana untuk menunjang kebutuhan sekolah untuk memenuhi kebutuhan standar pendidikan yang pada ujungnya meningkatkan mutu pendidikan. Menurutnya, kegiatan ekskul menjadi satu dari pembiayaan dana BOS yang cukup banyak. 
"Banyak kegiatan yang diikuti siswa, naik tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional. Dan dana kegiatan-kegiatan itu bersumber dari BOS," akunya. 
Dia berharap, dengan sosialisasi tersebut bisa membuka wawasan orang tua murid tentang anggaran BOS. Sehingga mampu menciptakan pendidikan yang terbuka menuju SLBN yang unggul.(poros07)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.