--> DKP Kabupaten Bima Gelar Lomba Masak Dan Inovasi Serba Ikan | Poros NTB

DKP Kabupaten Bima Gelar Lomba Masak Dan Inovasi Serba Ikan

SHARE:

Dibaca Normal
Foto:Ketua TP.PKK Hj.Rostiati Dahlan S.Pd Memberikan Hadiah Kepada Kecamatan Yang Meraih Juara.

Bima,Porosntb.com-Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bima Ke – 379, menggelar lomba masak dan Inovasi serba ikan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua TP. PKK. Kabupaten Bima beserta jajarannya, Kepala DKP Kabupaten Bima, para camat beserta jajaranya, para peserta lomba yang berasal dari ibu – ibu ketua TP. PKK Kecamatan yang berada di 18 Kecamatan.

Kepala DKP Kabupaten Bima Ir. Hj.Nurma, M.Si mengatakan bahwa  kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka memberikan kreaktivitas kepada ibu – ibu TP. PKK. Kecamatan guna melakukan kreasi dan inovasi terkait dengan suguhan makanan yang berbahan ikan, sekaligus memadupadankan tekat dan niat kita untuk memajukan kesejahteraan Kabupaten Bima melalui peningkatan konsumsi ikan  yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan dan kecerdasan oleh para ahli gizi.

Peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Bima ini dalam rangka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama dikalangan generasi muda, anak – anak usia dini yang merupakan suatu keharusan, melalui pemberian makanan tambahan sehingga kedepan diharapkan dapat meningkatkan tumbuh kembang pada anak – anak kita sebagai generasi penerus. 

Hj. Nurma menghimbau melalui lomba ini kepada para peserta lomba dapat melakukan kreasi dan inovasi terkait dengan pengolahan ikan dalam rangka menyajikan sebagai bahan untuk kebutuhan anak dan keluarga.

Menurut ketua TP. PKK.Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, S.Pd dalam amanatnya mengatakan bahwa Kegiatan yang diselenggarakan ini dalam rangka mengajak masyarakat, terutama para ketua TP. PKK. Kecamatan  untuk memanfaatkan hasil laut serta pemenuhan gizi.  Dimana Kabupaten Bima memiliki garis pantai yang sangat luas yang memiliki sumber daya hayati dan non hayati, dan masyarakat Kabupaten Bima memiliki kebiasaan yang sangat kuat dalam memperjuangkan kehidupannya dengan berlayar mencari ikan yang merupakan warisan nenek moyang sebagai pelaut.

Selain itu,  peningkatan konsumsi daging ikan banyak mengandung Protein Omega 3,6,9 dan sangat berguna bagi pertumbuhan, Kesehatan dan kecerdasan bagi anak – anak kita. Demikian juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga.

Dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter, maka pembangunan dan pembinaan fisik dan mental haruslah dimulai dari keluarga. Berdasarkan falsafah Yunani kuno, yaitu : Mensana In Corpore Sano, yang artinya dalam tubuh yang sehat terdapat otak yang cerdas, maka pemberian nutrisi dan gizi yang baik pada anak haruslah dimulai sejak dari usia dini terutama saat dalam kandungan hingga usia balita dimana perkembangan fisik dan mental anak pada fase ini pesat sekali.

Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik (halalan thayyibah) terhadap keluarga. Dari dahulu hingga sekarang ahli-ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang dikandung ikan berkualitas tinggi. Bangsa yang mengkonsumsi ikan dalam jumlah yang relatif cukup, jarang mengidap penyakit jantung (kardiovaskuler) dan mempuyai umur yang relatif panjang serta meningkatkan kecerdasan.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Bima, maka membudayakan makan ikan di masyarakat terutama kalangan generasi muda adalah suatu keharusan. Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa.

Keberadaan Ibu-ibu penggerak PKK sangatlah berperan penting dalam memasyarakatkan nilai lebih dari konsumsi ikan melalui sosialisasi keutamaan nilai gizi yang terkandung dalam daging ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan ikan kepada masyarakat khususnya ibu – ibu rumah tangga baik di Posyandu dan Dasawisma.

Rostiati Dahlan berharap, melalui kegiatan lomba ini, para peserta dapat melakukan kombinasi  terhadap menu harian yang berbahan ikan sehingga tidak timbul kebosanan serta  Terciptanya inovasi-inovasi baru menu berbahan baku ikan dan tercipta kreasi-kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi.

Momentum tersebut dirangkaikan dengan pemberian makanan tambahan bagi 150 orang siswa / siswi SDN Panda Kecamatan Palibelo, yang secara simbolis diterima oleh 10 orang siswa / siswi. Pemberian makanan tambahan tersebut langsung diberikan oleh Ketua TP. PKK. Kabupaten Bima Hj.Rostiati Dahlan, S.Pd.

Selanjutnya pada momentum tersebut tim juri yang terdiri dari Eny Istiana, Hj.Siti Ramlah, Tita Mashitha, M.Si melakukan penilaian terhadap para peserta dari TP. PKK Kecamatan yang mengikuti lomba ini.(HumPoros06)

COMMENTS

Nama

#Corona,124,ABRI,1,arena,54,Bandara,7,Bansos,52,Bawaslu,17,bhakti sosial,38,bima,2676,bima iptek,4,bima. Pariwisata,3,Bjayangkari,1,Coro,1,Corona,88,Covid-19,29,Curanmor,3,Daerah,1,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,134,Editorial,2,ekbis,223,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,Eksbis,1,enterpreneur,1,event,1,explore,2,featured,122,Hoax,3,huk,2,hukrim,714,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,inspiratif,1,iptek,30,Keagamaan,15,keamanan,8,kebudayaan,1,Kecelakaan,3,kehilangan,1,kejadian dan peristiwa,2,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,12,kepolisian,168,Kesehatan,134,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,15,Kominfo,5,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,296,KPU,3,KSB,2,lingkungan,115,lombok,109,Maklumat,2,Mataram,92,miras,1,Narkoba,8,Nasional,15,NTB,1,olahraga,24,Opini,50,Pariwisata,81,Pelayanan Publik,13,pembangunan,25,pembangunan.,2,pemerintahan,786,Pemilu,1,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,397,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,47,peristiwa,468,peristuwa,1,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,40,Peternakan,3,politik,282,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,34,Provinsi,1,puisi,1,regional,5,religi,53,religius,43,Sains,1,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,193,Sosial,42,Sosok,6,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,TNI,1,transportasi,4,travel,5,Tribrata,1,Vaksinasi,25,video,18,warta bawaslu,1,
ltr
item
Poros NTB: DKP Kabupaten Bima Gelar Lomba Masak Dan Inovasi Serba Ikan
DKP Kabupaten Bima Gelar Lomba Masak Dan Inovasi Serba Ikan
https://1.bp.blogspot.com/-w139Oy1IRMo/XSMg-pYaCtI/AAAAAAAAFuM/ZrFCFFQP5nAUejurBGZxg_dYlja-PoQnQCLcBGAs/s320/IMG-20190708-WA0044.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-w139Oy1IRMo/XSMg-pYaCtI/AAAAAAAAFuM/ZrFCFFQP5nAUejurBGZxg_dYlja-PoQnQCLcBGAs/s72-c/IMG-20190708-WA0044.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2019/07/dkp-kabupaten-bima-gelar-lomba-masak_8.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2019/07/dkp-kabupaten-bima-gelar-lomba-masak_8.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content