Even Pacuan Kuda “ Bhayangkara Ke-73 Dan HUT Bima Ke-379 Digelar


Bima, Poros NTB.- Dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara Ke – 73 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2019 dan Hari Jadi Bima Ke – 379, Polres Bima Kabupaten bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bima serta Pordasi Kabupaten Bima menggelar even pacuan kuda tradisional memperebukan piala bergilir Kapolda NTB yang digelar di arena pacuan kuda  yang berlokasi di desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Kegiatan pembukaanya dilaksanakan pada hari Sabtu (6/7) yang dihadiri oleh Gubernur NTB beserta Istri, Kapolda NTB, Unsur FKPD, Bupati, Wakil Bupati Bima, Sekda, Pengurus Pordasi Kabupaten Bima beserta jajaranya, warga masyarakat dan para pemilik kuda.

Kapolda NTB  Brigjen Pol. Nana Sudjana dalam sambutan menyampaikan bahwa pertama – tama selaku Kapolda NTB menyampaikan selamat Hari Jadi Bima Ke – 379 dan Bhayangkara Ke – 73, semoda dengan diperingatinya hari yang sangat besar ini kedepanya Pemerintah Kabupaten Bima dibawah pimpinan Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE dan Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer semakin maju dalam rangka memajukan daerah serta memberikan pelayanan kepada masyarakat. Terkait dengan pelaksanaan lomba Pacuan Kuda ini, agar dapat kita dukung bersama, karena lomba ini merupakan salah satu lomba yang paling digemari oleh warga masyarakat Kabupaten Bima, Hal ini dikarenakan lomba ini merupakan khasanah budaya harus kita dukung, karena setiap pelaksanaan lomba seperti ini kita berbaur satu dengan yang lainya, dalam rangka menyaksikan lomba tersebut. Maka dari itu kepada para pemilik kuda agar dapat mengikuti lomba ini dengan sportivitas karena dalam setiap perlombaan pasti ada yang kalah maupun yang menang.

Dikatakan pula bahwa lomba pacuan kuda ini merupakan salah satu even yang patut untuk dilestarikan dalam rangka mempromosikan sektor pariwisata, karena pacuan kuda merupakan salah satu olahraga yang banyak di gemari oleh masyarakat luas dan para pemilik kuda. Untuk itu para pemilik kuda agar dapat melestarikan budaya pacuan kuda yang merupakan kebanggaan bagi kita semua. 




Selain mempromosikan sektor pariwisata, juga dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, dimana masyarakat maupun para pedagang dapat menjual hasil kerajinan dan makanan kepada para penonton sehingga dari hasil penjualan yang dilakukan akan meningkatkan sektor perekonomian warga. ujarnya

Harapan kami selaku Kapolda NTB, agar selama melaksanakan lomba pacuan kuda agar dapat menjaga keamanan dan kenyamanan selama berlomba, karena dengan adanya kenyamanan ini rasa kebersamaan diantara kita akan terus dipupuk, hingga pada saatnya nanti kita bersama – sama mendukung dan menyukseskan pelaksanaan lomba pacuan kuda tradisional ini

Sementara itu Bupati Bima Hj, Indah Dhamayanti Putri, SE pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa even pacuan kuda yang digelar ini merupakan salah even yang sangat digemari oleh seluruh warga masyarakat Bima, karena selain kita menyaksikan lomba ini, kita juga dapat mempererat tali silaturahmi diantara kita. Hal ini dikarenakan Kejuaraan Pacuan kuda yang digelar pada hari ini merupakan pesta rakyat yang telah menjadi agenda rutin Pengurus Cabang  PORDASI Kabupaten Bima yang dilandasi keinginan luhur untuk melestarikan tradisi dan olah raga khas Bima. Disamping itu, kejuaraan ini selain memeriahkan HUT Bhayangkara Ke – 73 Dan Hari Ulang Tahun Bima  Ke – 379  Tahun 2019, juga merupakan agenda wisata budaya tahunan sebagai wahana promosi pariwisata daerah untuk dapat menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara.  

Untuk ini saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Bima menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran PORDASI Kabupaten Bima, Kapolda NTB, Panitia serta masyarakat pecinta olah raga pacuan kuda di Bima atas upaya tak kenal lelah dalam penyelenggaraan kejuaraan ini. Terkait dengan penyelenggaraan event ini, saya juga secara khusus menyampaikan terima kasih yang tulus kepada para undangan dan pemilik kuda pacuan yang berasal dari Kabupaten dan Kota lainnya di provinsi NTB dan NTT yang telah meninggalkan kampung halaman dan keluarga untuk datang ke Kabupaten Bima dalam rangka  memenuhi undangan panitia. 

Kita berharap kejuaraan yang berlangsung rutin setiap tahun ini akan membawa dampak positif bagi insan PORDASI Kabupaten Bima dan  kiranya dapat lebih mempererat tali silaturahmi dan rasa kekeluargaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik diantara para pemilik kuda pacuan serta dapat berlangsung aman dan tertib, sehingga even bergengsi ini dapat melahirkan para jawara yang dapat menjadi kebanggaan dan mengharumkan nama pemilik dan daerahnya.

Kapolres Bima AKBP. Bagoes Satryo Wibowo, SIK selaku penanggung jawab kegiatan dalam pengantar, bahwa sebagai wahana untukmempererat tali silaturahmi diantara waga masyarakat dan pemilik kuda, hal ini dikarenakan parapemilik kuda ini selain berasal dari NTB juga berasal dari wilayah NTT, sehingga melalui lomba ini kita akan sama – sama menyaksikan lomba pacuan kuda dengan mengedepankan tali ukhuwah islamiyah diantara kita. Oleh karena itu kepada masyarakat dan para pemilik kuda agar dapat bersama – sama mendukung keberadaan lomba pacuan kuda sehingga pada saatnya nanti kitaakan mengetahui siapa saja pemilik kuda yang berhasil keluar sebagai predikat juara serta menjaga keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan lomba pacuan kuda ini. Begitu juga kepada para pemilik kuda agar dapat menajga bersama – sama selama pelaksaan lomba sehingga pelaksanaan lomba ini akan sukses sampai dengan akhir pelaksanaan lomba tersebut, karena dalam lomba ini dukungan dari semua pihak sangat diperlukan demi menjaga ketentraman selama pelaksanaan lomba. Mudah – mudahan dengan adanya kebersamaan dalam rangka peningkatan dalam rangka peningkatan kamtibmas di wilayah kita.

Adapun waktu pelaksanaan, dimulai pada tanggal 6 Juli s/d 14 Juli 2019 dengan jumlah kuda yang mengikuti sebanyak 649 ekor kuda dengan beberapa kelas yang diikuti dalam lomba tersebut. Ujarnya.

Pada saat menyaksikan lomba pacuan kuda ini, Gubernur NTB , Kapolda NTB, Unsur FKPD, Bupati, Wakil Bupati Bima, Sekda, Pengurus Pordasi NTB dan Kabupaten Bima beserta jajaranya juga melakukan sesi foto bersama para penonton yang menyaksikan lomba pacuan kuda tersebut.

  Sebagai bentuk dari pelaksanaan Lomba ini Kapolda NTB  Brigjen Pol. Nana Sudjana Bersama Gubernur NTB,  Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE bersama Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima Dandim 1608 Bima membuka  secara resmi kejuaraan Pacuan Kuda Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke – 73 dan HUT Bima Ke – 379 Dalam rangka memperebutkan piala bergilir Kapolda NTB Cup Tahun 2019. (Poros06/Hum)
Labels: , ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.