Jelang Idul Adha, Para Peternak Desa Tolotangga Kirim 700 Ekor Ternak ke Jakarta

Para peternak Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima, saat menunggu jadwal muat tiba
Bima, Poros NTB.- Menjelang lebaran Idul Adha ini, warga Desa Tolotangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima, khususnya peternak sapi sudah mulai memadati Pelabuhan Bima untuk menunggu giliran pemuatan hewan ternak yang akan mereka angkut.

Menurut salah satu peternak Desa Tolotangga, Habibie, sedianya ada sedikitnya 700 ekor ternak yang akan  mereka kirim ke DKI Jakarta, guna memenuhi memenuhi kebutuhan warga Metropolitan tersebut.

“Dalam menyambut hari raya kurban, sudah menjadi aktvitas rutin bagi kami para peternak, ketika sebulan sebelum idul adha kita sudah siap untuk membawa ternak menuju jakarta,”  ujar Habibi saat menunggu giliran muat di Pelabuhan Bima, Sabtu (6/8/19) kemarin.   

Ia mengaku, tahun ini, mereka merasa dimudahkan dalam hal mengirim ternak menggunakan jasa transportasi laut ini. Karena semenjak adanya “Kapal Tol” Laut, kata dia, baik mereka sebagai pengirim ternak maupun ternaknya sendiri merasa nyaman, sehingga angka kematian ternak dan kesehatan ternak menjadi lebih terjamin dibandingkan dengan menggunakan jasa Kapal Kayu biasa.

Hanya saja imbuhnya, jadwal pemberangkatan “Kapal Tol” laut ini tidak menentu. “Jadi kita berharap ke depannya, jadwal pemberangkatan ini bisa tepat waktu. Kadang bisa molor sampai 2 hari dari jadwal,” sesalnya.

Efeknya bagi mereka, ternak rentan sakit karena kelelahan menunggu. Ditambah biaya perawatan dan konsumsi ternak, serta konsumsi para peternak menjadi bertambah, karena harus memenuhi kebutuhan pokoknya selama menunggu jadwal muat.


“Selain itu kita puas, apalagi dengan tidak adanya masalah Calo. Dulu marak Calo, sekarang tidak ada lagi. Hanya saja, sekali lagi kita berharap ke depannya, Pemerintah bisa mempertimbangkan untuk menambah armada kapal tol laut ini, biar bisa tepat waktu (jadwal pemberangkatannya),” pungkas Habibi. (Poros06)
Labels: , ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.