Panitia Penjaringan BPD di Bolo diaksanakan Serentak dalam 2 Hari

Suasana Pemilihan panitia BPD di desa Timu Kecamatan Bolo, Kamis(11/07/19).
Bima, Porosntb.com,- Pembentukan panitia penjaringan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di wilayah Kecamatan Bolo dilaksanakan serentak sejak Rabu (10/7/19) hingga keesokan harinya, Kamis.

Camat Bolo, Mardiana, S.H, saat memantau pelaksanaan di Desa Timu, mengatakan, pembentukan panitia ini, sesuai dengan keputusan surat Bupati Bima dan telah disosialisasikan di DPMDes beberapa hari sebelumnya. Pelaksanaan serentak pembentukan panitia ini adalah dalam menjaring anggota BPD," katanya.

Ditekankannya, dalam proses penjaringan panitia ini, harus tetap berkoordinasi dengan Kepala Desa bersangkutan.

Disisi lain, kaitan metode pemilihan BPD, dapat diakukan melalui musyawarah ataupun pemilihan langsung (voting). “Akan ditentukan oleh masyarakat yang ada di tiap dusun.” Tandas Mardianah.

Untuk Musyawarah Mufakat, akan dilaksanakan melalui perwakilan, dimana panitia akan mendatangi angsung wilayah RT dan RW. Sementara proses pemilihan langsung, panitia diharuskan mengeluarkan undangan bagi pemilih yang telah ditentukan untuk memberikan hak suara.

Mennyinggung porsentase yang akan diusulkan warga tiap dusun, ia menjelaskan, tergantung sungguh pada usulan masyarakat.

Misalnya si A dan ada lagi dua orang ketiga nya harus diusulkan," Tuturnya.

“Tidak boleh ada calo yang ingin memenangkan salah satu kandidat. Apalagi pada proses pemilihan langsung dilarang tegas menggunakan money politik," Tegas Mardianah.

Dirinya ingatkan kepada para figur calon BPD agar tidak dulu mengurus SKCK sebagai persyaratan kalau tidak diminta oleh masyarakat melalui usulan masyarakat setempat.

Sementara itu Kepala Desa Timu kecamatan Bolo, Fikrin S.Adm, menyebut, dari 9 Anggota BPD kedepan dirinya berharap agar mereka bisa bersinergi dengan pemerintah desa dan mampu mengawal program pemerintah desa serta mengawalnya.


Dari lima dusun dengan total penduduk terdata sebanyak 4 ribuan yang ada di desanya, hanya 9 Anggota BPD yang akan direkrut oleh panitia. (Poros08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.