Wabup Pimpin Rapat persiapan HUT Bima Ke-379


Bima, Poros NTB.- Dalam rangka persiapan upacara peringatan HUT Bima Ke – 379 yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2019 mendatang, Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer memimpin rapat tersebut. Kegiatan rapat ini dihadiri oleh Assisten, Staf Ahli, Kabag Lingkup Setda Bima serta seluruh Kepala OPD lingkup pemerintah Kabupaten Bima yang dilangsungkan di Aula rapat Bupati pada hari Senin, ( 1/7/19).

Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer mengatakan bahwa dengan adanya rapat persiapan ini dalam rangka mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan peringatan hari Jadi Bima ke-379 ini, sehingga kepada para kepala OPD selaku penanggung jawab harus sedini mungkin untuk mempersiapkan hari jadi Bima.

Oleh karena itu , pada saat hari Jadi Bima nanti, saya selaku kepala daerah tidak mau ada hal – hal yang dirasakan kurang, karena peringatan Hari jadi Bima ini merupakan momentum yag sangat sakral dalam perjalanan daerah kabupaten Bima ini.
Seperti kita ketahui bersama bahwa tepatnya tanggal 5 Juli 1640, sebuah prosesi yang penuh makna sejarah dan spiritual mengubah wajah Bima, dari sistem kerajaan menjadi kesultanan. Itulah, penobatan Putra Mahkota La Ka'i yang bergelar Rumata Ma Bata Wadu menjadi Sultan pertama dan berganti nama menjadi Sultan Abdul Kahir. Momentum Penobatan ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Bima yang diperingati setiap tahun hingga memasuki usia ke – 379.

Seperti tahun lalu, dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Bima ke – 379 ini pada tanggal 4 Juli 2019 akan dilaksanakan pawai budaya dalam rangka memeriahkan hari Jadi Bima ke – 379, dimana nantinya Gubernu NTB, Forkopinda, Bupati Bima, Ketua DPRD Kabupaten Bima,Wakil Bupati Bima, Sekda, Staf Ahli, para Assisten,  Ketua TP. PKk Kabupaten Bima, ketua DWP kabupaten Bima, dan ibu – ibu muspida lainnya akan menggunakan Benhur yang dihias dan unsure OPD dan Kecamatan akan menggunakan kendaraan yang telah dihias dengan menampilkan cirri khas masing – masing.
Direncanakan para peserta ini nantinya akan mengambil star dari Lapangan Talabiu kecamatan Woha hari Kamis, 4 Juli 2019 pada jam 13.30 dan finis di kantor Bupati Bima. Sedangkan pada hari Jum’at , 5 Juli 2019 pada jam 08.00 akan dilaksanakan upacara peringatan hari jadi Bima di halaman kantor Bupati Bima, dilanjutkan dengan ziarah Makam Sultan Bima yang berlokasi di Danatraha Bima pada jam 10.00, serta pada Jam 20.00 akan diadakan syukuran dalam rangka hari jadi Bima Ke – 379 yang dilangsungkan di halaman kantor Bupati Bima.

Pada puncak peringatan HUT Bima ke – 379 bagi unsur FKPD, Pimpinan dan Anggota DPRD menggunakan pakaian Siki Lanta, Unsur TNI / Polri menyesuaikan. Bagi pejabat eselon II dan III, khsusus pria menggunakan siki lanta dan perempuan menggunakan Kebaya Putih dan sarung Bima.

Untuk Kepala Desa menggunakan Jas tutup hitam dan Sambolo, Ibu – ibu menggunakan kebaya nasional dan sarung Bima. Dan bagi pejabat eselon IV dan Staf menggunakan baju tenun Bima ( pria) serta perempuan menggunakan tenun Bima dan rimpu.


Saya berharap kepada seluruh Staf Ahli, Asisten, Kabag, para Kepala OPD agar dapat mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan pelaksanaan HUT BIma ke-379 yang jatuh pada tanggal 5 Juli, sehingga pada saatnya nanti kita dapat mengenang sejarah panjang perjalanan Kabupaten Bima hingga menjelang usia ke – 379. Ujarnya. (Poros06/Hum)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.