Rakor Pelaksanaan Pilkades Dihelat


Bima, Poros NTB.- Rakor Pelaksananan Pemilihan Kepala Desa yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2019 dihelat. Kegiatan rakor tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE di ruang kerja Bupati Bima pada hari Jum’at ( 16/8). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima Kabupaten, Kapolres Bima Kota, Dandim 1608 Bima, Dansat Pol. PP Kabupaten Bima, Wakil ketua DPRD Kabupaten Bima, Kepala Dinas Pemdes Kabupaten Bima beserta jajarannya.

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE dalam arahan mengatakan bahwa Pelaksanaan Pemilihan Kepala desa adalah sebuah proses untuk mencapai tujuan dalam menghasilkan kepala desa terpilih yang berkualitas dan sesuai dengan harapan masyarakat, sehingga diperlukan partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, karena masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa. Untuk itu dalam rangka pemenuhan terhadap prinsip demokrasi, maka pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sehingga dengan menggunakan asas-asas tersebut diharapkan penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak dapat berlangsung secara demokratis dan menghasilkan pimpinan pemerintahan desa yang berkualitas.

Lebih lanjut Bupati mengharapkan kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses pemilihan kepala desa serentak agar berpegang pada prinsip sukses yang diantaranya sukses partisipasi, sukses regulasi dan sukses memilih kepala desa yang definitive.

Wakil Bupati Bima Dahlan M. Noer juga mengatakan bahwa dengan adanya Pilkades ini dengan adanya Pilkades ini nantinya diharapkan kepada panitia pelaksanaan Pilkades dalam hal ini DPMDES Kabupaten Bima bersama jajaranya agar dapat betul – betul teliti dan mengawal pelaksanaan pilakdes ini, karena kegiatan ini merupakan tanggung jawab yang besar sehingga dapat menghasilkan Kepala Desa terpilih yang berkualitas yang dapat mengemban amanah rakyatnya.

Begitu juga terkait pengamanan selama pelaksanaan Pilkades saya menghimbau kepada pihak keamanan agar dapat menugaskan personilnya di tiitik kerawanan dan titik pelaksanaan Pilkades sehingga nanti tidakterjadi gejolak yang dapat merusak citra demokrasi.

Oleh karena itu mari kita kawal pelaksaaan pilkades ini dengan baik sehingga nanti kita dapat mensukseskan pelaksanaan pilakdes itu sendiri, karena seorag kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang paling bawah dalam rangka mendukung program pemerintah daerah.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Bima AKBP. Bagoes Satrio Wibowo, SH, S.IK mengatakan bahwa tekrai dengan pesta demokrasi pemilihan kepala desa pada bulan desember mendatang, untuk personel TNI dan Polri tugasnya adalah pengamanan, Apapun bentuknya harus netral dan  tidak diperbolehkan memberikan hak suaranya. Dalam mengamankan pelaksanaan pilkades Polri dan TNI akan menerjunkan seluruh  personel dan akan selalu update kondisi yang ada dari mulai pelaksanaan sampai pada pasca pelaksanaan demi terciptanya Pilkades yang aman dan kondusif. Dan selama pelaksanaan nanti akan selalu mobiling agar koordinasi bisa tetap terjalin dangan baik,  Ini adalah tugas serta tanggungjawab kami untuk melakukan pola pengamanan terpadu dan menyeluruh demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Semoga pelaksanaan Pilkades ini nantinya dapat berlagsung aman, damai dan kondusif sehingga kita dapat memilih pemimpin yang dapat dijadikan panutan dalam menjalankan roda pemerintahan yang paling bawah.


Sementara Kepala DPMPD Tajuddin, SH, M.Si  melaporkan Sejalan dengan perubahan regulasi yang mengatur tentang desa dikabupaten Bima  akan dilaksanakan pemilihan kepala desa serentak di 18  kecamatan dan 191 desa. Hal tersebut merupakan komitmen dan bukti nyata pemerintah daerah dalam menjalankan amanat undang-undang. Oleh karenanya pemilihan kepala desa ini merupakan agenda penting yang harus kita kawal bersama. (Poros06)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.