Gandeng LPA NTB, Kompak Bimtek Pemantauan Layanan Adminduk



BINTEK: Kepala Dinas Catatan Sipil (Tengah, baju hitam) H Salahuddin saat mengikuti Bimtek kelompok masyarakat dalam pemantauan layanan Adminduk oleh masyarakat (TOT Panduan Penyusunan RKPDes).



Bima, porosntb.com-Kompak dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) NTB punya visi yang sama dalam memperhatikan masyarakat miskin. Ini dibuktikan dengan menggelar bimbingan teknik (Bimtek) kepada kepala desa dan aparatnya di aula Kantor Bupati Bima. Tujuannya agar pemerintah desa peka terhadap masyarakat miskin khususnya yang belum memiliki administrasi kependudukan (Adminduk).

Melalui kegiatan itu, Kompak dan LPA mengajak pemerintah desa dan pemerintah daerah untuk sama-sama peduli terhadap warga miskin. Selain Adminduk berupa KTP, KK dan Akte Kelahiran, LPA dan Kompak mendorong pemerintah desa untuk membantu pembuatan BPJS serta mengalokasikannya ke anggaran ADD.

DC Kompak Bima Asrullah, menyampaikan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat dalam hal ini aparat desa untuk memahami peran dan fungsi dalam melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan di desa. Para aparat desa didorong untuk meningkatkan pengetahuan dan kepekaan sosial terhadap warganya yang belum memiliki Adminduk.

"Kita ingin agar TOT ini bisa menyiapkan untuk penyusunan RKPDes 2020. Karena cenderung masyarakat miskin belum punya Adminduk. Kalo ke Capil kan butuh biaya lagi, dengan kegiatan ini kita dorong Pemdes untuk merancang anggarannya," ungkap Asrul.

Diakui, dalam kegiatan ini tidak hanya untuk penyusunan Adminduk. Tapi juga bagaimana pemerintah desa ikut mengakomodir kebutuhan perempuan, anak, lansia serta difabel serta kesehatan gratis.

"Nanti, penyusunan perencanaan ini sifatnya inkkusif. Bukan Adminduk saja. Semoga DPMDes nisa mereplikasikannya ke semua desa," harapnya.

Sementara Koordinator Tim LPA NTB Akhmad Fansuri menambahkan, Bimtek tersebut dalam rangka memfasilitasi proses penyusunan RKPDes agar masyarakat miskin bisa diakomodir untuk pemenuhan adminduk.

"Pokja yang kita hadirkan ini bisa memberi saran kepada Pemdes agar kepentingan Adminduk bisa terus diupdate. Yang ingin kita dorong adalah membangun motivasi desa untuk bermusyawarah dengan perempuan anak dan lansia agar mengakomodir harapan mereka," pungkansya.

Dalam Bimtek yang berlangsung di ruang Rapat Bupati Bima itu, diikuti 12 desa. Dengan menghadirkan pemateri dari Dinas Catatan Sipil serta DPMDes Kabupaten Bima. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, Kamis (12/9) dan Jumat (13/9). (poros07)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.