Warga Desa Tolotangga Apresiasi Bantuan SLBM dari Dinas Perkim Kabupaten Bima

Sejumlah pihak terkait saat berpose di lokasi pemnagunan sarana MCK
Bima, Poros NTB.- Warga Desa Tolotangga  kembali mendapatkan bantuan program Sanitasi Berbasis Masyarakat atau SLBM dengan sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Komunal warga yang mendapat bantuan tersebut berjumlah 25 orang.

Pengawas dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Bima, Arif Rifaid   Sudirman yang ditemani dua orang Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Nasrullah dan Satriawan Selasa (10/9/19)  kemarin turun langsung mematok lahan yang akan dijadikan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) dari bantuan SLBM.

Ikut menemani, Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) “Kasama Weki” Desa Tolotangga sebagai pelaksana program bantuan, Sultan Kasman, Sekdes Tolotangga, Mujahidin, S.Pd, dan Bhabinkamtibmas Tolotangga, Bripka Suherman, bersama sejumlah warga yang ikut hadir dalam kegiatan pematokan lahan MCK, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bima lewat Dinas Perkim atas bantuan proyek tersebut.

Menurut mereka, adanya bantuan program SLBM ini sangat berarti bagi masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir seperti mereka.

“Iya senang, dengan adanya program pemerintah seperti ini, masyarakat tidak lagi membuang air besar di pinggir pantai  seperti kebiasaan kami yang sudah cukup lama ini,” ujar Kasman.

Hal senada juga disampaikan Pemerintah Desa Tolotangga lewat Sekdes yang akrab disapa Amrozi. “Kita sangat mengapreseasi program seperti ini. Dan kita berharap program ini akan terus ada,” ucapnya.

Karena menurutnya, masih banyak warganya yang sangat membutuhkan MCK. “Sehingga sungai atau pesisir pantai tidak lagi tercemar. Karena masyarakat belum memiliki MCK,” imbuh Amrozi lagi.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Tolotangga, Bripka Suherman, menghimbau kepada masyarakat serta tokoh pemuda agar ikut mendukung apapun bentuk program bantuan dari pemerintah, serta merawat fisik program terkait.

“Saya menghimbau agar masyarakat ikut mendukung semua program bantuan dari pemerintah. Dan mari kita rawat bersama fisik dari program bantuan ini, karena ini menjadi milik kita bersama dan untuk kepentingan kita bersama,” himbaunya.

Tak lupa ia mengingatkan agar seluruh elemen masyarakat senantiasa menjaga situasi kamtibmas serta menjalin tali silaturahmi.

Dengan begitu, tambahnya, akan tecipta desa yang damai dan aman serta program bantuan dapat berjalan dengan aman. (Poros06)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.