Bupati Bima Beri Pembinaan Pada Calon Kepala Desa se-Kecamatan Lambu


Bima, Poros NTB.- Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE lakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Lambu dalam rangka memberikan pembinaan sosialisasi sekaligus pembinaan terhadap Calon Kepala Desa, Ketua BPD, dalam rangka pemilihan kepala desa yang dilaksanakan pada bulan Desember 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Bima Dapil 5 Sape dan Lambu Aminullah, SE, para Kabag Lingkup Setda Bima, Kepala DPMDES, Kepala Inspektorat, Camat Lambu beserta jajaranya, serta para Kapolsek dan Babinsa yang dilaksanakan di aula kantor Camat Lambu pada hari Kamis ( 17/10).

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE mengatakan bahwa pertama – tama saya selaku kepala daerah dan pribadi menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia Pilkades dan Kepala DPMDES Kabupaten Bima yang melaksanakan kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada seluruh calon kepala desa dalam rangka pesta demokrasi Pilkades yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2019.

Pada kesempatan ini saya menekankan bahwa dalam sebuah pesta demokrasi seorang kepala desa harus siap  menang maupun kalah. Hal ini merupakan bisa dalam percaturan sebuah pesta demokrasi, Oleh karena itu bagi kepala desa yang ikut harus benar – benar siap dalam menghadapi pesta demokrasi ini, karena dalam sebuah pertarungan tentu ada yang menang maupun yang kalah.

Untuk itu kepada calon kepala desa yang menang dalam pesta demokrasi Pilakdes ini nantinya, harus merangkul kembali lawan politik dalam rangka bersama – sama membangun desanya kearah yang lebih baik. Karena tanpa bantuan seluruh masyarakat maka program yang dijalankan  seorang kepala desa dan jajaranya nanti tidak dapat dijalankan sesuai dengan harapan. Oleh karena itu mari kita bergandegnan tangan dalam membangun sebuah desa.

Begitupula terkait dengan penggunaan Alokasi Dana Desa saya menekankan bahwa dalam menjalankan program pembangunan yang tidak hanya menggunakan ADD dan DDA yang bersumber dari manapun seorang kepala desa dan perangkatnya harus memperhatikan aspek perencanaan yang matang sehingga dengan diperhatikan perencanaan maka pembangunan desa dapat terarah, terencana demi membangun sebuah desa dalam program yang dilaksanakanya. 

Setelah menjabat sebagai kepala desa, seorang kepala desa harus mempunyai skala prioritas sehingga dengan mempunyai program tersebut maka arah pembangunan di desa dapat dilaksanakan dan terarah. Hal ini dikarenakan seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan mana yang akan diprioritaskan. Keputusan memang tak harus selalu bisa menyenangkan banyak orang tetapi selama bisa bermanfaat besar bagi desa harus tetap diperjuangkan,"

Semoga dengan adanya kegiatan ini diharapkan para kepala desa yang terpilih nantinya bisa melakukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak dalam membangun desanya.

“Intinya kepala desa harus bisa memanfaatkan potensi dan jaringan yang ada. Baik dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat dengan pihak swasta, agar semua program maupun masalah yang ditemui di desa bisa diselesaikan dengan baik.  imbuhnya. (Poros06/hum)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.