Krisis Moral dan Perubahan Perilaku Sosial




Oleh : Ns. Abdarabbi S. Kep
(Dosen STIKES Yahya Bima)



Masyarakat pada umumnya tidak terlepas dari keadaan sosial yang terjadi dalam kehidupan, yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain, saling berinteraksi untuk mencapai tujuan hidup. Akan tetapi di masyarakat kita hari ini sering terjadi disinteraksi yang menyebabkan maraknya kejahatan yang sering terjadi dalam lingkungan baik merugikan diri sendiri maupun orang lain. Sebaliknya apabila dalam lingkungan sosial terjadi interaksi yang positif maka akan melahirkan perbuatan atau tingkah laku yang posistif pula untuk mencapai tujuan hidup yang positif dalam kehidupan.
Sudah bukan rahasia lagi, bahwa telah terjadi pergeseran fungsi sosial ditegah tatanan masyarakat kita. norma-norma lama digeserkan dengan norma yang baru, paradigma lama perlahan digantikan dengan paradigma baru. Perilaku kita dipengaruhi oleh konteks sosial yang berubah dimana kita sebagai makhluk sosial kita tidak akan lepas dari peran orang lain dalam konteks perubahan sosial yang terjadi.
Menjadi sebuah pertanyaan besar apa yang membuat kita berperilaku seperti ini? Tentu tidak terjadi begitu saja, pasti ada faktor penyebabnya antara lain bisa jadi karna nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang dalam suatu lingkungan masyarakat yang tidak menjiwai budaya dan kearifan lokalnya. Sebagai mana kita tau bahwa masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk, dimana anggota masyarakat terdiri dari beragam kebudayaan.
Dari aspek psikologipun kita bisa melihat bahwa seseorang akan mempengaruhi tingkah laku orang tersebut di dalam masyarakat. Tekanan jiwa, depresi, stres, atau bahkan gangguan jiwa yang terjadi pada diri seseorang akan menyebabkan gejala sosial di dalam masyarakat, gejala ini tidak dapat kita hindari sehingga harus disikapi dengan bijak. Perubahan yang terjadi di masyarakat dapat memberikan dampak positif bila diantisipasi dan disikapi secara bijak.
Pergaulan bebas, dan berbagai prilaku menyimpang menjadi bukti bahwa moral generasi di masyarakat kita sudah sangat rusak. Hal ini dapat kita rasakan secara nyata apa yang ditimbulkan akibat krisis moral yang terjadi di masyarakat kita saat ini.
Kareta itu saya mengajak kepada pembaca untuk bisa memahami dampak dari gejala sosial yang begitu nampak, seperti korupsi yang sudah menjadi budaya di berbagai kalangan, Plagiarisme di kalangan mahasiswa dan pelajar, Memproduksi dan menyebarkan berita hoax, Jaringan pertemanan yang tertutup yang hampir mendekati asusila sering nampak terlihat di masyarakat kita hari ini.
Itulah uraian singkat menurut pengamatan subyektif saya mengenai gejala sosial dari berbagai faktor penyebab, dampaknya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.(*)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.