Polisi Berjibaku Memadamkan Karhutla di Tambora


Bima, Poros NTB.-  Kebakaran Hutan dan Lahan atau yang kini lazim disebut Karhula menjadi momok di seluruh wilayah NKRI. Termasuk di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.  

Terkini, Kapolsek Tambora, IPDA Nurdin bersama personelnya kembali berjibaku untuk melakukan pemadaman terhadap lahan yang berlokasi di gunung Desa Kawinda Toi  Kecamatan Tambora, Jumat (18/10/19) yang dimulai sekira Pukul 08.30 wita.

Tak tanggung-tanggung luas lahan yang harus dipadamkan adalah areal lahan seluas sekitar 50 are.

Diduga Karhutla terjadi karena dibakar oleh warga  Desa Kawinda Toi dengan tujuan membersihkan lahan sebagai persiapan musim tanam jagung.

Menurut Kasubag Humas Polres Bima, Iptu Hanafi, terjadinya karhutla diketahui karena adanya informasi dari masyarakat. Bagusnya, Kapolsek bersama personelnya langsung merespon dan menuju lokasi kebakaran dan terlihat jarak pandang dari arah jalan raya sekitar 100 meter.

“Sesampainya di lokasi terlihat beberapa pohon kecil yang sudah ditebang, rumput kering dan kumpulan daun pohon kering yang terbakar, selanjutnya personel polsek tambora langsung memadamkan api dengan peralatan yang disediakan oleh Satgas Karhutla Polres Bima serta alat seadanya di sekitar lokasi,” tutr Hanafi.

Beberapa titik api akhirnya berhasil dipadamkan sekira Pukul 12.00 wita.


Kapolres Bima, AKBP Bagus S. Wibowo S. Ik, melalui Hanafi, menghimbau kepada masyarakat, mengingat saat ini  kondisi panas dan angin kencang  maka apabila mau membakar lahar miliknya untuk persiapan tanam jagung  agar  semak belukar dipotong dan di kumpulkan pada satu tempat dan membuat sekat supaya api tidak menjalar ke lokasi lain atau ke hutan maka pemilik lahan harus dijaga. Setelah selesai dan   yakin api sudah padam baru meninggalkan lokasi.” Himbau Kapolres (Poros01)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.