Seminar Perawatan Kulit Terbaik Digelar


Bima, Poros NTB.- Seminar perawatan kulit terbaik dan stimulasi pijat bayi untuk kecerdasan dan  tumbuh kembangkan yang optimal di gelar. Kegiatan ini berlangsung di aula SMKN 3 Kota Bima pada hari Jum’at ( 4/10). Kegiatan ini kerjasama Ikatan Bidan Indonesia cabang Kabupaten Bima dengan Johnson – Johnson Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini yaitu seluruh jajaran Ikatan Bidang Indonesia Cabang Bima, Ketua TP. PKK. Kabupaten Bima serta dari perwakilan   Johnson – Johnson. Adapun narasumber dari kegiatan ini Selain dari Pengurus IBI Cabang Bima juga berasal dari Pihak Johnson – Jonson Jakarta.

Bupati Bima diwakili oleh Staf Ahli Bupati H.Arifuddin dalam sambutan bahwa kegiatan Workshop yang dilaksanakan ini dirasakan sangatlah penting dalam rangka menjamin kesehatan terutama perawatan tepat bagi bayi sejak awal kehidupan dan juga dapat mengoptimaisasi potensi tumbuh kembang anak sejak bayi. Hal ini tanpa disadari, rutinitas perawatan bayi yang biasa dilakukan merupakan bentuk stimulasi kepada bayi yang akan berpengaruh terhadap tumbuhkembangnya kelak.

Dalam rangka memperluas wawasan dan pengetahuan serta meningkatkan pemahaman serta keterampilan tentang perawatan kulit bayi yang baru lahir dan stimulasi pijat bayi, maka PT. Johnson dan Johnson Indonesia bekerjasama dengan dokter kulit, dokter anak dan bidan berpengalaman, menyusun progam edukasi terstruktur dan sistematik untuk bidan yang bekerja di Rumah Sakit maupun Rumah Bersalin dan bidan praktek mandiri, yang mana di dapati kenyataan bahwa masing – masing Health Care Proffesional memiliki pengetahuan dan persepsi yang beragam mengenai kulit bayi, cara perawatanya dan pemilihan serta penggunaan produk yang tepat dalam rangka perawatan kulit terbaik untuk bayi dan stimulasi pihat bayi.

Gerakan memijat bayi dari ujung kepala hingga ujung kaki tersebut membuat tubuh lebih mudah dalam menyalurkan nutrisi yang didapat ke pembuluh darah. Dengan demikian, selera makan pun membaik dan bayi semakin banyak menerima nutrisi dari Air Susu Ibu ( ASI) dan makanan. Pijak bayi yang dilakukan ini juga memperbaiki system enzim dalam pencernaan, terutama jika pihat di bagian perut. Riset menunjukan, pijat dapat meningkatkan berat badan bayi jika dilakukan secara rutin, bahkan untuk bayi kurang bulan (terlahir Prematur), terjadi peningkatan  berat badan hingga 47 persen jika terbiasa dipijat. Pijat juga membuat durasi tidur bayi lebih lama dan waktu menidurkan lebih pendek.

Adapun tujuan diadakanya workshop ini kedepanya para bidan dapat memahami pentingnya stimulasi pijat bayi yang merupakan salah satu bagian penting untuk tumbuh kembang bayi yang optimal,  para bidan dapat memahami pentingnya peran kulit bayi dalam kesehatan bayi serta tata cara yang tepat dalam perawatannya sejak lahir. Sementara itu manfaat dari pijak bayi yaitu membangun serta memperkuat ikatan antara anak dan orang tua dengan sentuhan cinta.’ Dan gerakan memijat dari ujung kepala hingga ujung kaki membuat tubuh lebih dalam menyalurkan nutrisiyang didapat ke pembuluh darah sehingga dapat membantu mengatasi masalah gizi sebagai penyebab stunting.

Diharapkan melalui kegiatan ini, akan menjadi motivasi dan dorongan kepada bidan untuk selalu siap, tanggap serta mampu merespon tuntuan masyarakat dalam bidang pelayanan tindakan khususnya di bidang kesehatan.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana ST. Fatmah, A.Md, Keb dalam pengantar kegiatan ini dalam rangka memmberikan pemahaman kepada para bidan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi ibu dan bayi yang baru saja melahirkan, hal ini dikarenakan keberadaan seorang bidan merupakan yang utama dalam memberikan perawatan terhadap bayi.

Oleh karena itu kepada seluruh bidan yang mengikuti kegiatan ini kedepanya dapat mengikuti dengan seksama, sehingga dari kegiatan ini akan mendapatkan ilmu yang diberikan oleh para pemateri kegiatan.

Direncanakan kegiatan ini akan dilangsungkan selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 4 s/d 5 Oktober 2019 di aula SMKN 3 Kota Bima dengan jumlah peserta yang mengikuti ini 500 orang bidan, dimana untuk angkatan pertama sebanyak 250 orang bidang dan angkatan kedua sebanyak 250 orang bidan.

Sasaran dari kegiatan ini yaitu pada bidan praktek mandiri, bidang puseksmas / bidan desa serta Organisasi Profesi yang terdiri dari IDI, Gizi, PPNI).

Hal yang sama juga disampaikan oleh perwakilan dari Johnson dan Johnson Jakarta , Emillya Eventha bahwa dengan adanya kegiatan ini kami sangat mendukung, karena JOHNSON’Sebagai salah satu perusahaan pemimpin produk bayi yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak. Untuk itu dengan adanya kegiatan ini Program ini mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi.  Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka. 

Kemitraan yang berfokus pada berbagai program lapangan di seluruh dunia. Bekerja bersama di berbagai negara, perusahaan telah melatih bidan atau tenaga profesional yang membantu kelahiran terkait resusitasi neonatal bagi bayi yang baru lahir, menyelamatkan banyak jiwa bayi yang tak terhitung jumlahnya. Di Indonesia, inisiatifnya tahun ini telah diperluas dengan memperkenalkan program baru dalam pemasaran yang berkaitan dengan kegiatan sosial untuk mendukung bayi memiliki kesempatan yang sama untuk hidup dengan membimbing serta membekali para orang tua dengan edukasi kesehatan dan perkembangan bayi. Ujarnya. (Poros06/hum)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.