20 Siswa SMPN 1 Woha Ikuti Kemah Akbar di Sanggar

20 siswa SMPN 1 Woha saat bersiap-siap berangkat ikuti Kemah Akbar di Sanggar
Bima, Poros NTB.- SMPN 1 Woha memberangkatkan 20 orang siswanya untuk mengikuti Kemah Akbar di Kecamatan Sanggar, Jumat (28/9/18)

20 siswa yang terdiri dari murid Kelas VIII dan kelas IX tersebut akan mengikuti kegiatan kemah akbar yang diselenggarakan Kwartir Cabang (Kwarcab), yakni satuan organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Bima, mulai 28 September hingga 2 Oktober mendatang.

Menurut Pembina Pramuka SMPN 1 Woha, Ibrahim, S.Pd, 20 siswa yang diberangkatkan itu telah diseleksi dari 108 siswa penggalang.

“Dipilih berdasarkan beberapa kriteria,” ujar pembina yang akrab disapa Baim ini.

Yakni yang memiliki kemahiran dalam Teknik Kepramukaan (Tekram) dan menguasai materi pramuka, karena keduanya ini yang akan dilombakan.

Tekram, seperti kemampuan membaca kompas, Peraturan Baris Berbaris (PBB) memakai tongkat, menafsirkan sebuah kalimat menggunakan bendera (semapur), menggambar sebuah rute perjalanan jelajah alam (peta pita), membaca sandi morse, dan merangkai tongkat dengan simpul untuk dijadikan sebagai jembatan atau menara kaki tiga (pionering) .

“Sementara menguasai materi pramuka, contohnya memahami sejarah pramuka nasional dan internasional,” jelas Baim.

Bicara kiprah dan prestasi, Tahun 2015 lalu saat mengikuti kemah akbar di Kalaki, SMPN 1 Woha pernah meraih juara pertama Lomba Cermat Ketangkasan (LCT), dan juara kedua untuk lomba pioneering.

Tahun 2016 saat diselenggarakan di Sila, meraih juara pertama lomba PBB memakai tongkat dan juara kedua lomba LCT. Bahkan di tahun yang sama, 3 orang siswa SMPN 1 Woha diutus sebagai duta Kabupaten Bima untuk mengikuti Jambore Nasional di Cibubur.


Baim berharap, tahun ini, prestasi SMPN 1 Woha bisa lebih mentereng lagi. (Aden)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.