Banner iklan disini Banner iklan disini

OSN SMP/MTS, Partisipasi Sekolah Sangat Kurang

Foto:Kasi Seksi Kurikulum SD/SMP Dikdubpora Kabupaten Bima Dr Karyadin
Bima,PorosNTB.com-Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTS tingkat Kabupaten Bima yang berlangsung di SMPN 1 Madapangga 2019 ini pada Sabtu (16/3) lalu,terlihat partisipasi sekolah sangat kurang.Bayangkan saja dari sekitar 120 SMP/ MTS se Kabupaten Bima.Namun yang mengikuti OSN hanya sekitar 34 SMP/MTS dengan jumlah siswa sebanyak 102 peserta.

Kepala Seksi Kurikulum SD/SMP Dikbudpora Kabupaten Bima, Dr Karyadin membenarkan kurangnya partisipasi sekolah dalam mengikuti OSN Tahun 2019 ini. Bahkan dari sekitar 120 SMP/MTS yang ada di Kabupaten Bima. Hanya yang mengikuti sekitar 34 SMP/MTS. Dengan jumlah peserta sebanyak 102 siswa.
"OSN ini masing-masing sekolah mengirim tiga siswa. Berdasarkan tiga Mata pelajaran yang di OSN kan. Yakni Matematika, IPA dan IPS," ujarnya, kemarin.

Diakuinya, kurang keterlibatan sekolah dalam OSN ini dikarenakan ada banyak faktor. Diantaranya, banyak SMP sedang fokus pada persiapan UNBK. Mereka harus memikirkan ketersediaan sarana laptop dan lainnya.
Kemudian disisi lain, ketersediaan dana. Sebab sekolah saat hanya mengandalkan BOS. Sementara dana BOS belum juga keluar.

"Waktu penyelenggaraan OSN yang dijadwalkan pusat ini dalam bulan-bulan sibuknya sekolah. Dalam menghadapi agenda nasional Maret April USBN dan UNBK/UNKP," terangnya.

Dengan pengalaman tersebut kedepan pihaknya akan mengusulkan ke pusat untuk meninjau ulang jadwal tersebut. Supaya jadwal OSN ini tak berdekatan dengan waktu ujiam Nasional.

"Kita minta jadwal tersebut diatur ulang. Sehingga partisipasi sekolah dalam mengikuti OSN mendatang meningkat," pungkasnya.(Poros08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.