Tim Ekpedisi Laskar Nusa "Bawa" Kas Keliling di Pulau Bajo


Bima, Poros NTB.- Tim ekspebisi Laskar Nusa 2019 yang terdiri dari pihak Jajaran bank Indonesia bersama TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI Karang Pilang 981 yang membawa tim melakukan sosialisasi dan kas keliling di kepulauan terdepan, terpencil dan tertinggal di desa Bajo Pulau Kecamatan Sape, Rabu (13/3).
Tim tersebut dipimpin langsung oleh Komandan KRI Karang Pilang 981,Mayor Laut (P) Farid Ardiansyah bersama seluruh Crue Kapal Karang Pilang 981, Jajaran Bank Sentral Indonesia, Anggota Pramuka dibawah naungan Lanal, para Dokter dan tenaga pengajar dari unsur TNI Angkatan Laut Lanal Mataram.
Pada saat kedatangan tim yang tergabung dalam Ekspedisi Laskar Nusa 2019 di desa Bajo Pulau di SMPN 8 Satap Sape tersebut langsung diterima oleh Bupati Bima yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bima, Camat Sape, Kepala Desa Bajo Pulau, para guru, Kepala Sekolah, Siswa atau siswi serta warga masyarakat desa Bajo Pulau Kecamatan Sape.
Kapten Laut Musliman, SH selaku Komandan Lanal Mataram menyampaikan bahwa merupakan kebanggaan bagi kami selaku TNI Angkatan Laut dalam rangka mendukung Bank Indonesia NTB untuk mendistribusikan uang rupiah ke pulau–pulau terdepan, terpencil dan tertinggal yang salah satunya di desa Bajo Pulau Kecamatan Sape ini.
Apalagi dalam kegiatan ini sekaligus kegiatan edukasi bagi masyarakat dan pelajar serta memberikan bantuan sosial pendidikan dan kesehatan seperti yang kita laksanakan ini.
Dijabarkan pula bahwa, kami yang tergabung dalam Tim eksebisi Laskar Nusa 2019, usai melakukan kunjungan di pulau Bajo Pulau Kecamatan Sape Kabupaten Bima akan melanjutkan perjalanan kami ke Pulau Moyo dan Pulau Bungin Kabupaten Sumbawa dan Pulau Maringkik Kabupaten Lombok Timur.
Sementara itu menurut Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB UKI Ganesia mengatakan bahwa kegiatan layanan kas keliling ini merupakan salah satu tugas utama Bank Indonesia untuk senantiasa memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang.
Dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut, Bank Indonesia selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengedarkan uang rupiah secara merata keseluruh wilayah NKRI termasuk kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini.
Mengingat begitu pentingnya kebutuhan masyarakat akan uang Layak Edar di kepulauan terpencil, terdepan dan terluar tersebut, maka KPW Bank Indonesia Provinsi NTB melakukan kegiatan penukaran uang yang layak edar di tengah – tengah masyarakat sebagai symbol Negara.
Penukaran uang yang layak edar ini sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga masyarakat dapat menggunakan uang tersebut dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidup. Ujarnya
Dengan adanya kegiatan ini, Bank Indonesia NTB berkomitmen melayani masyarakat di pulau – pulau terpencil agar mendapatkan kesempatan yang sama dengan masyarakat di perkotaan dalam hal penukaran terhadap uang rupiah.
Menurut Bupati Bima yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bima Putarman, SE menyampaikan bahwa dengan adanya program pelayanan kas keliling yang dilakukan oleh jajaran Bank Indonesia NTB dan jajaran TNI Angkatan Laut bagi warga masyarakat kepulauan teluar, terdepan dan terpencil ini memiliki makna yang penting bagi kepentingan nasional sekaligus berkontribusi menjaga kedaulatan Indonesia melalui penggunaan rupiah di pulau terluar dan terpecil sehingga dengan adanya pelayanan ini, kedepannya digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
Menurut Kepala Desa Bajo Pulau Bambang H. Ahmad Dalam Pengantar, dengan adanya kegiatan ini kami selaku kepala desa menyampaikan apresiasi terahdap jajaran Bank Indonesia Provinsi NTB bersama Jajaran TNI Angkatan Laut yang telah datang untuk memberikan pelayanan kas keliling ini sehingga masyarakat dapat menggantikan uang yang lusuh ke uang yang layak dipakai.
Mudah–mudahan kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan sehingga masyarakat dapat mengantikan uang yang lusuh kedalam uang yang layak pakai dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.
Momentum ini ditandai dengan penyerahan bantuan berupa bantuan pendidikan, bantuan peralatan olahraga serta bantuan untuk pengobatan gratis melalui program sosial bank Indonesia.
Bantuan tersebut diserahkan oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB UKI Ganesia serta diterima oleh Kepala SDN Bajo Pulau Ismail, S.Pd, Kepala SMPN 8 Satap Sape Samsuddin, S.Pd, M.Pd serta Kepala Puskesmas Pembantu Bajo Pulau Burhanddin, SKM.
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.