SDN 21 Tolomundu Gelar Acara Pelepasan dan Khataman Al-quran TP. 2018/2019


Bima, Poros NTB.- Gemulai lenggokan 10 siswi yang memeragakan Tarian “Wura Bongi Monca”, sebagai salah satu tarian selamat datang pada penyambutan tamu dalam tradisi daerah Bima, mengawali kemeriahan acara Pelepasan dan Khataman Al-quran Kelas VI SDN 21 Tolomundu Kota Bima TP. 2018/2019 yang digelar di halaman sekolah setempat, Minggu (23/6/2019).

Di tengah ratusan undangan lainnya, nampak menikmati suguhan tarian tersebut, penjabat yang mewakili Walikota Bima, HM Lutfi, SE, Kepala Dinas Dikbudpora, Dr. Ir. Syamsuddin, MS dan mantan Kadis yang sama, Drs. Abdul Ais, M.Pd, Ketua STKIP Tamsis, Dr. Ibnu Khaldun, M.Si, sejumlah anggota PGRI Kota Bima, Ketua Dewan Pendidikan Kota Bima bersama jajarannya, Ketua Komite Sekolah, beserta orang tua murid.

Sementara itu, Kepala SDN 21 Tolomundu, Suhardi, S.Pd, M.Pd, dalam pidato pengantarnya, mengatakan, bahwa sekolah yang sudah berdiri sejak 65 tahun lalu itu (dulu namanya SDN 06 Bima) yang kini telah bermetamorfosis menjadi SDN 21 Tolomundu ini, telah menghasilkan banyak alumni yang berkualitas dan telah mengabdi pada bangsa ini di berbagai profesi.

Karena itu tak salah, jika Suhardi menyatakan, bahwa sekolah yang baru dipimpinya sejak April lalu itu merupakan salah satu ikon pendidikan di Kota Bima sebagai sekolah Favorit yang telah mengoleksi seabrek prestasi akademik maupun non akademik.

“Hal ini tentu berkat dukungan dan pembinaan Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Dikbud, dan kerjasama yang sinergis antar pihak sekolah dan dengan orang tua dan semua stakeholder,” ungkap pria yang juga merupakan Pembantu Ketua (Puket) 2 di STKIP Tamsis Bima dan Sekretaris PGRI Kota Bima ini.

Tahun ini, SDN 21 Tolomundu menamatkan 99 orang siswanya yang terdiri dari 44 siswa dan 55 siswi. Sedangkan 97 siswa lainnya menjalani khataman Al-quran. “Alhamdulillah, alumni kita tahun ini mendominasi penerimaan peserta didik baru di SMP dan MTs Favorit di Kota Bima,” imbuhnya, , disambut tepuk tangan meriah dari para undangan.

Beda dengan sebelumnya, prosesi pelepasan siswa Kelas VI SDN 21 Tolomundu yang dirangkai dengan khataman Al-quran tahun ini dipermak dalam nuansa dan kesan yang berbeda.

Dimana para juara kelas dan peraih nilai peringkat 10 besar dalam Ujian Nasional pada tiap-tiap kelas (3 kelas), dihadiahkan Mushaf Al-Quran dengan terjemahannya, yang terkumpul sebanyak 168 Eksamplar.

Kepala SDN 21 Tolomundu Kota Bima, Suhardi, S.Pd, M.Pd saat menyerahkan hadiah kepada siswa-siswa berpresstasi
Menurut Suhardi, hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan generasi yang berkarakter Qurani. Yakni, generasi yang tidak hanya memiliki kompetensi atau life skills, tetapi juga memiliki value atau soft skills berupa nilai spiritual dan kesolehan social.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Dikbudpora Kota Bima, Dr. Ir. Syamsuddin, MS, atas nama Pemerintah Kota Bima memberikan apresiasi yang tinggi terhadap acara yang digelar SDN 21 Tolomundu ini.

“Ini adalah kebanggaan yang tinggi. Kita telah mewujudkan impian orang tua kita. Kita telah menamatkan anak murid kita tepat waktu dengan sejumlah prestasi yang membanggakan. Apalagi diiringi dengan khataman Al-quran,” ungkap Syamsuddin.

Ia bahkan menilai prestasi yang ditorehkan oleh SDN 21 Tolomundu perlu untuk diteladani. Terutama dalam mewujudkan kelas-kelas yang menurutnya berskala internasional.

“Semoga kedepannya, anak-anak yang kita lahirkan ini mendapatkan prestasi yang khas. Menjadi insane yang Qurani yang insya allah akan mengantarkan mereka pada keberhasilan,” harap sang Kadis menutup sambutannya.

Hal senada dikatakan Ketua Komite SDN 21 Tolomundu, yang menyatakan bahwa SDN 21 Tolomundu ini mampu menerapkan kurikulum standar nasional. Dimana siswanya dididik betul agar memeiliki sikap sopan santun. “Tadi sudah ditunjukkan lewat atraksi dan doa-doa, serta lainnya,” sebutnya.

Hal luar biasa lain yang diungkapkannya, saat penerimaan siswa baru tahun ini. Hanya dalam waktu setengah jam pasca dibukanya pendaftaran, siswa yang terdaftar sudah mencapai kuota. Sehingga banyak siswa yang terpaksa tidak diterima, mengingat daya tampung sekolah yang terbatas.

Acara Pelepasan dan Khataman Al-quran Kelas VI SDN 21 Tolomundu Kota Bima TP. 2018/2019 yang dimulai Pukul 08.00 Wita akhirnya ditutup dengan penyerahan sejumlah hadiah dan penghargaan kepada sejumlah siswa berprestasi. 

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.