Soal Laporan Anggaran, Tajuddin Minta Kades tak Loncat Pagar

Suasana sosialisasi kepala BPMDes bersama sejumlah Kades di Bolo

Bima, porosntb.com- Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajudin SH MSi menegaskan pada seluruh kepala desa di Kecamatan Bolo untuk tak loncat pagar terkait dengan laporan pengelolaan dan evaluasi dana desa.
“Mekanisme pengelolaan dan evaluasi dana desa, kepala desa harus intens berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan. Jangan langsung ke Pemerintah Kabupaten Bima. Kalau langkah itu masih dipakai kepala desa yang loncat pagar tanpa harus berkoordinasi dan rekomendasinya camat, akan saya tolak apapun yang diajukan,” tegas Tajudin saat menghadiri acara sosialisasi APBDes Tahun 2019 sekaligus silaturrahmi dengan aparatur desa di Kecamatan Bolo, Sabtu (8/6/19).
Berdasarkan informasi yang diterimanya,  desa selama ini banyak yang langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Bima atau dinas terkait. Padahal mekanisme dan langkah tersebut tak sesuai dengan aturan.
“Kalau masih ada desa yang loncat pagar begitu tanpa berkoordinasi dengan camat, tetap saya tolak,” tegasnya.
Selain itu, dia juga mengingatkan pada seluruh Kepala desa agar membangun hubungan kemitraan yang baik dengan BPD sebagai lembaga  di desa. Sebab BPD ini legislatifnya desa.
“Jangan remehkan BPD dan menganggap sebagai namanya saja.Akan tetapi apapun kebijakan yang harus diambil, BPD harus dilibatkan. Sehingga kebijakan pemerintah tak tumpah tindih,” tuturnya.
Lanjut dia, seperti informasi yang didapat pasca dilantik sebagai Kepala DPMDes, banyak Kades yang tidak sejalan dengan BPD. Padahal terkait Dana Desa, BPD mempunyai peran penting dalam hal menggodok aspirasi rakyat. Sekaligus ditetapkan sebagai program desa yang akan dilaksanakan.
“Jangan sepelekan BPD. Karena BPD adalah perwakilan seluruh rakyat yang ada di desa,” katanya.
Kemudian ,informasi yang berkembang banyak Kades yang tidak mengundang BPD dalam rapat untuk merumuskan program yang akan dilaksanakan, hal itu sangat melenceng dari regulasi yang ada.
“BPD jangan suruh tanda tangan saja. Tapi harus difungsikan sesuai tupoksinya,” tegas mantan staf ahli Bupati tersebut.
Dirinya berharap, semua Kades agar membuka diri untuk menjalin kemitraan yang solid dengan BPD. Sehingga semua harapan bisa terwujud, tentunya untuk perubahan dan memajukan desa.
“Kades dan BPD jadilah mitra yang baik. Karena di tangan mereka kunci sukses maju dan tidak nya suatu desa,” pungkasnya. (Poros08)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.