Panitia Pilkades Tolotangga Umumkan Hasil Seleksi Kandidat lewat Surat Pemberitahuan


Bima, Poros NTB.- Panitia Pemilihan  Calon Kepala Desa Tolotangga Periode 2019-2025. Akhirnya “Mengetuk Palu”, untuk menetapkan Bakal Calon yang memenuhi syarat administrasi awal, yang akan bergulat dalam Pilkades serentak beberapa waktu ke depan, Selasa (10/9/18) kemarin bertempat di Aula Kantor Desa setempat.

Hadir dalam acara penetapan ini, Ketua Panita, Syamsudin beserta anggotanya, Pj Kepala Desa Tolotangga, Syarifurrahman ST, Kasubsektor Wila Maci, Aiptu Sahril, bhabinkamtibmas  Tolotangga, Bripka Suherman, Bhabinsa Tolotangga, Sertu Syahrullah', sejumlah Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Tata cara  pengumuman penetapan Bakal Calon dikemas secara “berbeda”. Yakni tidak diumumkan secara langsung dan terbuka, melainkan diumumkan dengan cara memberikan surat kepada para bakal calon yang berisi lolos atau tidaknya dalam seleksi awal ini.

Menurut Ketua Panitia, Syamsudin MS, hal ini dilakukan berdasarkan keputusan bersama panitia. “Secara bulat, kami memutuskan hanya memberikan undangan saja kepada para bakal calon. Ini kami pikir lebih santun dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga bisa mengganngu jalannya proses Pilkades,” terangnya.

Diketahui, dari 7 orang kandindat yang mendaftar, hanya 5 kandidat yang memenuhi syarat. Sementara 2 lainnya “terpental” karena tidak memenuhi syarat secara administratif.

Selanjutnya, Syamsuddin menegaskan, siapa saja di antara para kandindat yang tidak memenuhi syarat, adalah merupakan hasil seleksi yang seobyektif mungkin yang dilakukan panitia.

“Kami tidak keluar dari aturan untuk menentukan perengkingan. Semuanya sesuai dengan Perbup dan Perda. Bahwa kami panitia berkerja secara indipenden dan tidak ada intervensi dari pihak mana pun,” katanya menaknkan.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Tolotangga, dalam penyampiannya, mengatakan  apa yang menjadi keputusan panitia tidak berdasarkan kepentingan pribadi atau golongan. Tapi murni untuk kepentingan umum.

“Panitiapun sudah berkerja semaksimal mungkin. Walaupun saya selaku Pj kades tidak terlibat langsung dan verifikasi bahan para bakal calon kades, saya berharap kepada para kandindat yang treliminasi bisa menerima keputusan dari panitia dengan lapang dada dan memahami keputusan ini.” Ujar Syarifurrahman.

Sementara bagi para calon yang lolos ferivikasi diharpakannya agar bersaing secara sehat dan menghindari apapun bentuk tindakan yang melawan hukum yang bisa mencoreng jalannya proses demokrasi Tingkat Desa Tolotangga lewat ajang Pilkades.

Ddi kesempatan yang sama, Kasubsektor Wila Maci, Aiptu Sahril dalam sambutannya, mengajak kepada seluruh warga Desa Tolotangga untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas.

“Kami dari pihak TNI POLRI sebagai penegak hukum menegaskan, supaya menjaga situasi Kantibmas,” ujarnya.

Wakil Ketua Panita Pemilihan Pilkades Tolotangga, Mujahidin yang juga menjabat Sekdes Tolotangga menambahkan dalam penyampainnya mengatakan, bahwa kandidat yang diumumkan lolos dan tidak lolos dalam surat pemberitahuan sudah dianggap final dan tidak dapat diganggu gugat.

“Tak ada lagi bantahan atau tenggang waktu. Karena kami panitia tidak bisa melewati waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan juklat juknis.” Tegasnya.

Pantauan media ini, sempat ada salah seorang bakal calon Kades Tolotangga, Hasan, sempat mengajukan keberatan karena salah satu bakal calon terdapat perbedaan nama yang tertera dalam penulisan nama dalam Ijazah SD.


Namun, panitia tetap dengan keputusannya, bahwa penetapan tersebut bersifat Final. (Poros06)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.