Banner iklan disini Banner iklan disini

Dirut “Mada Nggela Konsultan” Kritik Karya pemenang Sayembara Desain Masjid Agung Bima


Bima, Poros NTB.- Direktur Utama “Mada Nggela Konsultan” yang berpusat di Jalan Kakatua Lingkungan Balibunga Kelurahan Kandai Dua Kabupaten Dompu, Syaiful Arif, ST, mengkritik hasil karya dari pemenang Sayembara Desain Masjid Agung Bima, Mas’ud M. Saleh yang berdomisili di Cimahi, Jawa Barat tersebut.

Konsultan arsitektur asal Kelurahan Bada Dompu ini, menyorot, sisi mendasar yang menjadi kekurangan pemenang sayembara desain masjid agung, adalah tidak adanya tulisan kaligrafi Asmaul Husna yang mengelilingi dinding masjid.

Menurutnya, ia sendiri punya konsep desain yang tak kalah bagusnya. Sayangnya, ia tidak sempat mengikuti sayembara, lantaran jadwal kegiatan yang padat.

“Desain pemenang sayembara itu bagus. Sayangnya dia melupakan ornament penting seperti tulisan asmaul husna di sekeliling dinding masjid,” ujar Syaiful yang akrab disapa Ipul ini, saat menghadiri launching kapal angkut yang diadakan Dinas Perhubungan Kabupaten Bima di Wera Sangiang, Jum’at (2/11/18) kemarin, di mana ia sendiri dipercaya sebagai konsultan pengadaan 2 unit kapal tersebut.

Ipul ini merupakan Alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Jurusan Teknik Arsitektur (Arsitek).

Sebagai seorang yang memiliki cukup pengalaman dan prestasi di bidang arsitektur. Ipul dinilai kompeten untuk mengkritik karya arsitek.

Tahun 2010, ia dipercaya sebagai tenaga ahli arsitek di bangunan BPS Sulawesi Selatan berlantai 10 beserta pengawasan. 2011 sebagai tenaga ahli arsitek bidang perencanaan bangunan Universitas Terbuka (UT) makassar, UT Jakarta, UT  Manado, dan UT Gorontalo. 2012 terlibat dalam pelaksanaan pembangunan Gardu Induk makassar.

Tahun 2013-2014 terlibat dalam perencanaan dan pengawasan pembangunan SD, SLTP, SMA, serta pengawasan pembangunan Puskesmas dan Pustu se-Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Itu baru segelintir pengalaman yang ia jalani.

Puas berkarir di luar daerah, meski masih terlibat perencanaan puskesmas Kabupaten Maros secara online. 2016 lalu ia dipercaya terkait pengawasan tambatan perahu Dinas Perhubungan Kabupaten Bima dan perencanaan UPT Kehutanan Kecamatan Sape dan Langgudu.


Ia berharap bisa berbuat lebih banyak lagi untuk Daerah Bima dan Dompu, sesuai dengan bidang arsitek yang ia geluti. (Teddy)
Labels: , ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.