BBGRM Ke XV dan HKG PKK Ke–46 Tingkat Kabupaten Bima Mulai Dicanangkan


Bima, Poros NTB.- Kecamatan Bolo dijadikan sebagai tempat Pencanangan BBGRM Ke – XV dan HKG PKK Ke–46 tingkat Kabupaten Bima.
Kegiatan pencanangan dihadiri oleh Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Bima, Unsur FKPD Kabupaten Bima, Para Assisten, Kabag, Staf Ahli Setda Bima, Kepala OPD, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima, Camat, Kepala Desa, Ibu Ketua TP. PKK Kecamatan dan Desa serta warga masyarakat kecamatan Bolo dan sekitarnya. Kegiatan pencanangan ini dilaksanakan di paruga NaE kecamatan Bolo, Senin (3/12).
Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE mengatakan bahwa Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke XV dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke – 46 tahun 2018 merupakan yang istimewa yang mengiringgi perjalanan kita sebagai sebuah daerah yang sedang giat – giatnya membangun Dou Labo Dana Mbojo Yang Kita Cintai ini.
Betapa tidak pada kesempatan ini saya bersama bapak Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer hadir untuk kembali mengajak dan membangkitkan semangat gotong royong ditengah – tengah masyarakat kita, karena pembangunan tidak akan berlangsung tanpa adanya dukungan dan partisipasi serta komunikasi yang dibangun melalui silaturahmi.
Momentum Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) merupakan wahana komunikasi dalam bentuk silaturahmi ini sangat tepat untuk kembali merekatkan tali silaturahmi dan hubungan kekeluargaan baik antara sesama jajaran pemerintah daerah maupun dengan masyarakat diseluruh pelosok kecamatan dan desa.
BBGRM yang dilaksanakan setiap tahun, disamping ditujukan merekatkan tali silaturahmi, juga memiliki misi penting untuk melakukan sosialisasi program pembangunan yang tertuang dalam APBD Kabupaten Bima, dan menyerap aspirasi dan harapan – harapan masyarakat terkait dengan pemenuhan hajat hidup masyarakat sebagai warga Negara.
Aspirasi dan harapan masyarakat yang ditampung tersebut sejatinya menjadi masukan yang amat berharga bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan sebagai wujud pelaksanaan amanah yang ada di pundak saya bersama bapak Wakil Bupati Bima dalam mengayomi dan melayani masyarakat kita. Disamping itu, pelaksanaan BBGRM telah mendorong berbagai SKPD dan stakeholder lainnya untuk secara bersama – sama, terpadu dan sinergi melaksanakan berbagai program pembangunan di pedesaan demi mendorong tercapainnya hasil yang lebih baik.
Begitupula terkait dengan pengalokasian ADD, dimana kepada para kepala desa dan unsur – unsurnya agar dapat mengelola ADD tersebut sesuai dengan peruntukanya, jal ini dikarenakan dengan adanya ADD ini, semua program pembangunan yang akan dilaksanakan di desa dapat dilaksanakan demi mewujudkan kesejahteran masyarakat.
Pada bulan ini, tepatnya tanggal 20 Desember tahun 2018 ini, kita akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak di 191 desa yang berada di 18 kecamatan. Oleh karena itu kepada panitia, calona kepala desa dan masyarakat agar dapat mendukung pelaksanaan kepala desa dengan tertiba dan aman, sehingga dari hasil Pilakdes ini nantinya kita akan dapat memilih kepala desa untuk memimpin desanya, karena keberadaan seorang kepala desa ini merupakan ujung tombak pemerintah yang paling bawah dalam rangka mendukung program pemerintah daerah.
Hal yang sama saya sampaikan kepada aparat kepolisian agar dapat menempatkan para personilnya di setiap tempat pelaksanaan pemilihan Kepala desa, sehingga dengan adanya pengawalan dari aparat kepolisian dalam rangka menjaga agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan lancar dan sukses.
Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh kepala OPD, dimana dipenghujung tahun 2018 ini kita harus menyelesaikan tugas maupun program yang belum dilaksanakan, karena kita tidak ini para kepala OPD tidak menyelesikan program kegiatan yang dilaksanakan di dinas dimana suadara memimpin, sehingga pada tahun 2019 nanti sudah tidak ada lagi kegiatan yang belum dilaksanakan pada tahun 2018, untuk itu pekerjaan yang dilaksanakan harus tepat waktu.
Pun dengan peringatan HKG PKK Ke – 46 tingkat Kabupaten Bima ini, seperti kita ketahui bersama bahwa Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai pembangun masyarakat yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, Selama ini telah diakui keberadaannya di dalam masyarakat, yang sejalan dengan visi gerakan PKK, yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.
Dari visi tersebut, dijabarkan dalam 10 (sepuluh) Program Pokok PKK, yakni ;penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi dan kelestarian lingkungan hidup, yang telah dilaksanakan dengan baik di semua tingkatan wilayah sampai pada tingkatan Rumah Tangga melalui kelompok dasa wisma.
Bupati Bima berharap, melalui momentum ini diharapkan agar masyarakat dapat meningkatkan kemampuan, kesadaran, dan tanggung jawab terhadap hasil – hasil pembangunan, terlebih lagi saat ini sedang giat – giatnya mewujudkan Kabupaten Bima yang maju, mandiri dan bermartabat yang berdasarkan nilai maja labo dahu yang religius.
Menurut Kepala DPMDES Kabupaten Bima Sirajuddin Andi Parani, MM dalam pengantar, maksud dilaksanakan kegiatan BBGRM Ke – XV dan HKG PKK Ke – 46 tingkat kabupaten Bima ini yaitu untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan serta pemeliharaan hasil-hasil pembangunan.
Maka dari itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, karena tanpa dukungan dari masyarakat maka program kegiatan BBGRM dan HKG PKK tidak dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Imbuhnya
Sebagai bentuk dari pencanangan kegiatan BBGRM Ke–XV dan HKG PKK Ke–46 tingkat Kabupaten Bima ini Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang didampingi oleh Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Bima, Kepala DPMDES, ketua TP. PKK Kabupaten Bima. (TeddY)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.