Bupati Tinjau Warga Mengalami Musibah Kebakaran


Bima, Poros NTB.- Kejadian yang dialami warga masyarakat desa Naru Kecamatan Woha yang mengalami musibah kebakaran yang terjadi pada hari senin 9 September 2019 yang memporak – porandakan 10 rumah warga masyarakat yang dilalap si jago merah yang terjadi pada pukul 16.45 wita, cukup menyita perhatian Kepala Daerah, sebelumnya Wakil Bupati Bima Dahlah M.Noer pada saat kejadian tersebut langsung turun kelokasi kebakaran dalam rangka mengerahkan seluruh tim Damkar dan Tagana untuk sesegera mungkin melakukan penyelamatan terhadap masyarakat yang menimpa musibah tersebut.   

Pada hari ini Kamis ( 11/9) Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE yang didampinggi oleh Kabag Administrasi Kesra Setda Bima, Kalag BPBD Kabupaten Bima, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima meninjau sekaligus memberikan bantuan berupa tanggap darurat serta uang santunan secara pribadi Bupati kepada warga masyarakat yang menimpa musibah kebakaran. Bantuan tersebut langsung diberikan kepada warga masyarakat oleh Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE.

Setelah menyerahkan bantuan tanggap darurat, Bupati Bima bersama rombongan menuju dusun Babuju Desa Ngali Kecamatan Belo di RT. 10 / RW. 3  dalam rangka melihat dari dekat musibah yang dialami warga masyarakat yang rumahnya hangus terbakar. Kejadian kebakaran tersebut terjadi pada hari Rabu tanggal 10 September 2019 sekitar pukul 11.20 Wita.

Menurut Sekretaris BPBD Kabupaten Bima Indra Nurjaya, SH menyampaikan bahwa dari kejadian ini, jumlah rumah warga masyarakat  yang terbakar sebanyak  3 (tiga) rumah yang mengalami rusak berat/ hangus terbakar  atas nama Bapak Yasin, Sulaiman Siti Rahman, Jubaidah / Rufiah, 4 (empat) rumah Rusak Berat atas nama Bapak Idris, Ishaka, Muliadin, Arina dan 3 (tiga) Rumah Rusak Ringan / Dampak atas nama Abdurrahman, Fauzi dan H.A. Thalib. Sehingga totalnya sebanyak 10 rumah yang mengalami musibah terbakar. 

Lebih lanjut, pada saat kejadian tersebut BPBD Kabupaten Bima mengirimkan Mobil Damkar, bersama Tim Tagana Dinas Sosial Kabupaten Bima dan Warga masyarakat untuk saling bahu membahu memadamkan Api yang berkobar tersebut. Akan tetapi dari kejadian tersebut tim BPBD, Tagana dan warga masyarakat saling bahu membahu dan yang tersisa hanyalah puing – puing kebakaran yang telah dilalap api.

Setelah mendengar laporan dari Sekretaris BPBD, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menyerahkan bantuan tanggap darurat terhadap masing – masing korban berupa makanan, minuman, tikar dan bahan kebutuhan lainnya. Selain itu juga pemerintah daerah melalui  Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima mendroping beras sebanyak 1 ton untuk kebutuhan warga masyarakat, dimana masyarakat akan mendapatkan beras masing – masing sebanyak 10 Kg. Pendroping beras ini merupakan cadangan yang ada di Kabupaten Bima.

Di dua Kecamatan tersebut yaitu di desa naru kecamatan Woha dan dusun  Babuju RT. 10 / RW. 03 desa Ngali Kecamatan Belo Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE menyampaikan  rasa prihatin dan duka kepada warga yang terkena kebakaran,serta meminta agar diberikan kesabaran, ketabahan menghadapi musibah ini.   “Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bima, turut berduka atas musibah kebakaran ini. Semoga yang mendapat musibah diberi kesabaran dan ketabahan serta bisa bangkit untuk kedepan nya,” ujar Dinda.

Dirinya juga mengimbau kepada warga dan masyarakat agar berhati-hati menggunakan listrik dan kompor gas karena dapat membahayakan semua. “Kami mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam pemakaian kompor dan listrik,” imbaunya.
Kepada camat Woha dan Camat  Belo, agar setiap terjadi musibah yang terjadi di wilayahnya agar sesegera mungkin melaporkan kepada kami terutama kepada BPBD Kabupaten Bima sehingga dari laporan yang disampaikan tersebut, maka BPBD Kabupaten Bima akan langsung menuju lokasi kebakaran.

Bupati berharap semoga dari musibah ini kita mengambil hikmahnya sehingga kejadian seperti ini tidak akan terulanggi lagi. 

Selanjutnya Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE menyerahkan bantuan tanggap darurat dan bantuan uang secara pribadi kepada masing – masing korban kebakaran. (poros06//hum)

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.