Banner iklan disini Banner iklan disini

Melalui Dana Desa PemDes Dena Bantu Petani

Foto: Samsuddin Har Kades Dena Serahkan Benih Jagung Pada Petani, Jum'at (29/03/2019) di Aula Kantor desa
Bima,PorosNTB.com-Salah satu upaya Pemerintah Desa (Pemdes)  Dena Kecamatan Madapangga membantu warga setempat yang berprofesi sebagai petani yakni menyalurkan bantuan benih jagung varietas Bisi 18.Bantuan  ini diperuntukkan bagi lima kelompok tani yang ada di Desa Dena yang terdiri atas kelompok tani cora,la mawa,la padi,Tolo bou, Mangge Nggudu.Jumlah petani penerima manfaat sejumlah 208 warga setempat.

Penyaluran bantuan tersebut diperuntukkan bagi bagian dari item pemberdayaan terhadap masyarakat sesuai regulasi pengelolaan Dana Desa.

Kades Desa Dena Samsuddin Har menyampaikan, idealnya bantuan tersebut bersumber dari Dana Desa Tahap I Tahun 2019 senilai Rl. 100 juta," terangnya.

Disebabkan karena anggaran belum cair, Pemdes setempat bekerjasama dengan UD. Pemuda Kreatif selaku toko yang bersedia memberikan barang sebelum pencairan anggaran.

"Karena kebutuhan petani mendesak. Kita meminta toko UD. Pemuda Kreatif untik membantu menyalurkan benih jagung. Nanti setelah pencairan anggaran akan dilunasi," terang Kades

Tujuan utama program ini untuk meningkatkan PADes. Yakni kata Samsuddin, sebelumnya pihak Pemdes sudah berkomitmen dengan BUMDes setempat untuk kontrak kerja, bahwasanya hasil pertanian dari penerima manfaat ini, akan dijual ke BUMDes, sehingga melalui perputaran uang dalam kontrak kerja tersebut bisa menguntungkan BUMDes.

"Kita sudah sepakat dengan BUMDes untuk membeli hasil pertanian dari para anggota Poktan sebagai penerima manfaat. Dan petani juga siap menjual hasil pertanian ke BUMDes," ucap dia.

Disinggung pencairan dana ini akan dicairkan tiga kali melalui bidang pemberdayaan dari pagu dana DD," tuturnya.

"Saat penyaluran bantuan ikut dihadiri oleh unsur lembaga desa. Hal itu dilakukan untuk menghindari asumsi negatif dari pihak mana pun," tutup dia.(Poros08)
Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.