--> "Dapat Ilmu, Dompet Tebal", Take Action MK Kewirausahaan Ampuan Khairul Sani | Poros NTB

"Dapat Ilmu, Dompet Tebal", Take Action MK Kewirausahaan Ampuan Khairul Sani

Views

Beginilah suasana praktek matakuliah kewirausahaan

Bima, porosntb.com-Upaya peningkatan kualitas mahasiswa terus dilakukan STKIP Tamsis Bima. Sebelumnya, terkait literasi dan lingkungan. Kali ini, dalam praktek matakuliah (MK) Kewirausahaan, mahasiswa diminta membangun e-commerce dari nol. Dan, luar biasanya, sejumlah mahasiswa yang serius menggarap mampu meraih pundi uang, dari ratusan ribu rupiah hingga 3,5 juta rupiah. Cerita kesuksesan ini, disampaikan oleh dosen pengampu matakuliah tersebut, Khairul Sani, S.T.,M.Eng.

"Saya mencoba kasih tantangan adek-adek mahasiswa PTI semester 5. Setelah semua teori dilahap, saatnya praktek, take action, Matakuliah Kewirausahaan dengan Membangun e-commerce dari nol. Alhamdulillah semua antusias, walaupun ada beberapa yang menyerah duluan. Karena, bagi saya, ilmu tanpa praktek hanya menjadi teori usang yang tidak bermakna. Praktek tanpa ilmu akan menyebabkan kesalahan yang merugikan," papar sosok pengusaha muda yang akrab dipanggil Irul pada media ini via aplikasi Whatsappnya, Selasa (21/1/2020).

Cara yang dipilih Irul dalam memotivasi mahasiswanya adalah dengan mengajak untuk melihat kantor tempatnya bekerja. Di kantor itu, dirinya menjelaskan tentang pengalaman membangun usaha dari kos-kosan sampai ke hal teknis tentang bisnis, strategi pemasaran, pengetahuan lainnya. 

"Dari laporan perkembangan dan presentasi sebelum UAS kemarin, Alhamdulillah adek-adek sudah bisa mendapatkan hasil yang bervariatif. Mulai dari ratusan ribu, 1,5 juta, hingga 2 juta rupiah per bulan. Bahkan ada yang sampai 3,5 juta rupiah perbulan yang diperoleh," ungkapnya.

Yang menarik, lanjutnya, adalah mahasiswa atas nama Fitri Marwahdiyanti. Pasalnya, mahasiswa tersebut telah menjadi kebanggaan kampus karena sukses meraih beberapa mendali emas Hapkido di tingkat Nasional. 

"Nah, dia (Fitri Marwahdiyanti, red) mencoba berinovasi dengan memasarkan pelatihan Hapkido yang dibuatnya baru-baru ini melalui website yang dibuat pada matakuliah kewirausahaan. Alhamdulillah hampir 25-30an anggota mendaftar," ujarnya. 

Berikut beberapa websiter e-commerce sederhana yg telah dibangun, http://grosirbima.com/ , http://nasabima.com/ , http://hapkidontb.com/.

Disinggung tentang tujuan dari pelaksanaan matakuliah tersebut, lulusan UGM itu mengaku ingin mewujudkan misi kampus merah. Yaitu, mencetak mahasiswa yang beradab dan kewirausahaan. Dengan era industri 4.0 mahasiswa harus mampu bersaing dan mengasah kemampuannya, terlebih mahasiswa IT.

"Harus mampu bersaing, menjadi mahasiswa yang beradab, mandiri dan berwawasan kewirausahaan. Setelah semua teori bagaimana cara membangun usaha, mendapatkan modal, stretegi marketing, pemasaran, rule businessnya, sampai pada management usaha. Goalnya Mahasiswa mampu membuat e-commerce sendiri dari nol, sampai pada tahan management kita pandu," tekan owner salah satu perusahaan penjualan tiket online itu.

Tantangan apa yang dihadapi mahasiswa saat menjalankan perkuliahan itu? 

Mendapat pertanyaan seperti itu, dirinya mengutarakan sejumlah keluhan dari mahasiswa. Umumnya mahasiswa pada awalnya menyatakan susah membuka usaha, susah memulai usaha, dengan pendekatan dan motivasi yang membuat mereka terpacu untuk mendapatkan penghasilan, minimal untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga mereka sadar dan harus segera memulai usaha. 

"Saya mencoba buat narasi, contoh studi kasus, dan penyelesaian masalah serta motivasi yang membuat logika dan pemikiran mereka terbuka untuk memulai usaha. Kesulitannya mereka belum pernah membuat website, mau nggak mau harus pelan-pelan mengajarinya dari nol, alhamdulillah bisa membuat e-commerce sederhana," jawab Irul seraya berharap mahasiswa TI mampu memikirkan peluang usaha, berani mengambil kesempatan untuk memulai usaha, kemudian berkolaboraksi untuk saling mensuport usaha rekan rekannya.

Menyikapi capaian ini, Ketua STKIP Tamsis Bima, Dr. Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si., angkat bicara. Dirinya mendukung pengajar yang mampu mengajak sampai ke praktek dan aplikasi teori. Apalagi, IT merupakan kebutuhan di era abad 21.

"Saya kira ini capaian penting dari hasil kuliah satu semester, mahasiswa tidak hanya diajak berinteraksi dengan berbagai teori, tapi aplikasikan langsung untuk kebutuhan era milineal job creater. Ini salah satu program unggulan sesuai visi mewujudkan visi berwirausaha," tanggapnya singkat. 

Seperti yang diketahui, STKIP Tamsis Bima tengah serius untuk meningkatkan literasi, sadar lingkungan dan wirausaha. Tiga hal itu menjadi prioritas dalam pengembangan program, baik tingkat lembaga maupun program di tingkat mahasiswa. (*)

Penulis : Humas STKIP Tamsis Bima
Editor : Edo

COMMENTS

Nama

#Corona,121,arena,36,Bandara,7,Bansos,27,Bawaslu,13,bhakti sosial,20,bima,2152,bima iptek,4,Bima Pemerintah,81,Bima Pemerintahan,47,Bima: Pemerintah,5,bima. Pariwisata,3,Coro,1,Corona,57,Covid-19,24,Curanmor,3,Demonstrasi,2,des,1,Desa,53,dompu,94,Editorial,2,ekbis,199,Ekonomi,1,Ekonomi.,4,enterpreneur,1,explore,2,featured,89,hukrim,503,huksrim,3,hukum,1,Humaniora,1,HUT RI,1,iptek,24,Keagamaan,15,keamanan,7,kebudayaan,1,Kecelakaan,1,kemanusiaan,4,kepegawaian,1,kependudukan,10,kepolisian,7,Kesehatan,116,Kesenian,1,ketenagakerjaan,2,Kodim,14,Konflik,1,Korupsi,11,kota bima,120,KPU,3,KSB,2,lingkungan,95,lombok,106,Mataram,57,miras,1,Narkoba,7,Nasional,5,NTB,1,olahraga,24,Opini,49,Pariwisata,79,pembangunan,22,pembangunan.,2,pemerintah,37,Pemerintah.,1,pemerintahan,424,Pemerintahan.,5,Pemprov,3,Pemprov NTB,143,pendidikan,352,pendidikan.,8,Perbankan,1,Perguruan Tinggi,3,perhubungan,7,perisstiwa,41,peristiwa,333,Perjudian,2,persitiwa,6,Pertamina,2,pertanian,34,Peternakan,3,politik,238,Politik.,9,Prahara,12,Prestasi,20,Provinsi,1,puisi,1,regional,2,religi,15,religius,41,SAJAK,1,seni,1,SKCK,1,sosbud,184,Sosial,41,Sosok,1,SUDUT PANDANG,1,sumbawa,20,Tajuk,2,Tekhnologi,2,TKI,5,transportasi,2,travel,5,video,5,
ltr
item
Poros NTB: "Dapat Ilmu, Dompet Tebal", Take Action MK Kewirausahaan Ampuan Khairul Sani
"Dapat Ilmu, Dompet Tebal", Take Action MK Kewirausahaan Ampuan Khairul Sani
https://1.bp.blogspot.com/-lli2nXRRSCc/XiaN8jv4RqI/AAAAAAAAHTo/lLxAPZWDTQU180UCj9Nm_muIJQ3p2OwjwCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200121-WA0006.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lli2nXRRSCc/XiaN8jv4RqI/AAAAAAAAHTo/lLxAPZWDTQU180UCj9Nm_muIJQ3p2OwjwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200121-WA0006.jpg
Poros NTB
https://www.porosntb.com/2020/01/dapat-ilmu-dompet-tebal-take-action-mk.html
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/
https://www.porosntb.com/2020/01/dapat-ilmu-dompet-tebal-take-action-mk.html
true
2479742407306652642
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content